3 Jenis Soal Tes CPNS SKD TWK TIU dan TKP, Ini Penjelasan dan Contoh Soalnya

- 28 September 2023, 14:25 WIB
3 Jenis Soal Tes CPNS SKD TKW TIU dan TKP, Ini Penjelasan dan Contoh Soalnya
3 Jenis Soal Tes CPNS SKD TKW TIU dan TKP, Ini Penjelasan dan Contoh Soalnya /

KARANGANYARNEWS - 3 Jenis Soal Tes CPNS SKD Wajib Dikuasai, Ini Penjelasan dan Contoh Soalnya. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah tahap pertama yang harus dilewati oleh peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023.

Tes CPNS SKD bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar peserta dalam bidang wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan karakteristik pribadi. Lalu, apa saja jenis soal tes CPNS SKD yang harus Anda kuasai? Bagaimana cara mengerjakannya? Dan apa saja contoh soalnya?

Inilah informasi lengkap tentang 3 jenis soal tes CPNS SKD yang harus Anda kuasai sebelum mengikuti seleksi. Simak penjelasan dan contoh soalnya untuk membantu belajar dan berlatih. 

Baca Juga: Contoh Swafoto CPNS 2023 yang Benar Sesuai Ketentuan Pakai Pakaian ini dan Cara Mengunggahnya

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) menguji pengetahuan dan pemahaman peserta tentang nilai-nilai kebangsaan Indonesia. Tes ini terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda dengan waktu pengerjaan 20 menit.

Setiap soal memiliki empat pilihan jawaban dan hanya ada satu jawaban yang benar. Nilai minimal TWK adalah 65.

Materi TWK meliputi nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara. Nasionalisme berkaitan dengan kepentingan nasional, cita-cita dan tujuan bangsa, serta identitas nasional.

Integritas berkaitan dengan kejujuran, ketangguhan, komitmen, dan konsistensi dalam melayani publik. Bela negara berkaitan dengan peran aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara. 

Pilar negara berkaitan dengan pemahaman dan pengamalan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah