Sikapi Sanksi WADA, Menpora Bentuk Tim Akselerasi dan Investigasi

- 18 Oktober 2021, 20:48 WIB
Menpora Zainudin Amali mengambil langkah cepat sehubungan dengan sanksi WADA terhadap LADI. Itu terkait sanksi pertama dirasakan saat Tim Thomas menjadi juara. (Dok. Istimewa/kemenpora.go.id)
Menpora Zainudin Amali mengambil langkah cepat sehubungan dengan sanksi WADA terhadap LADI. Itu terkait sanksi pertama dirasakan saat Tim Thomas menjadi juara. (Dok. Istimewa/kemenpora.go.id) /

KARANGANYARNEWS – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengambil langkah cepat sehubungan dengan sanksi WADA terhadap LADI. Itu terkait sanksi pertama dirasakan saat Tim Thomas menjadi juara di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu, 17 Oktober 2021, Sang Saka Merah Putih tidak boleh dikibarkan.

Sebenarnya perihal teguran ketidaktaatan TDP (Tes Doping Plan) sudah diklarifikasi dan mendapatkan respons baik dari WADA. Ternyata tidak hanya itu, ada pending matters dari kepengurusan lama yang juga perlu penyelesaian.

"Tidak ada menganggap remeh, ini hal serius. Waktu saya sampaikan beberapa waktu lalu berdasarkan laporan yang saya terima hanya masalah TDP, jadi setelah kita klarifikasi seharusnya sudah tidak ada masalah," tegas Menpora pada keterangan pers secara virtual, Senin, 18 Oktober 2021.

Baca Juga: Penantian Panjang Indonesia Juara Piala Thomas Akhirnya Terwujud

"Ternyata hari ini saya pukul 10.00 rakor internal bersama NOC dan LADI baru diketahui ada pending matters sehubungan kepengurusan lama yang harus diselesaikan, jadi ada transisi yang tidak cepat," tambahnya, dilansir dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, kemenpora.go.id.

Sanksi WADA terhadap LADI tidak bisa serta merta dibiarkan menyelesaikan sendiri karena dampak dari sanksi berimbas kepada semua secara kenegaraan.

Oleh karenanya, Zainudin Amali dalam rakor internal dihadiri Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan Sekjen LADI Dessy Rosmelita langsung membentuk Tim Akselerasi dan Investigasi.

Ditunjuk ketua tim adalah ketua NOC Indonesia, dengan anggota sekjen NOC, dari LADI dua orang, nantinya juga ada perwakilan dari cabang olahraga (Cabor)-cabor yang sering dan punya banyak agenda event internasional, serta satu dari pemerintah, yakni dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca Juga: Primbon Jawa, Senin Pahing Karir Profesimu Lebih Andalkan Intuisi

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemenpora.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x