Sindikat Pembobol Rekening Nasabah Bank, Asal Sumatera, Beraksi di Semarang, Tertangkap di Solo

- 19 Februari 2022, 20:25 WIB
Gelar perkara kasus pembobolan rekening nasabah bank di Polrestabes Semarang, Sabtu (19/2/2022).
Gelar perkara kasus pembobolan rekening nasabah bank di Polrestabes Semarang, Sabtu (19/2/2022). /Humas Polda Jateng/

KARANGANYARNEWS-Dua wanita muda nan cantik, KH (25) dan W (23), serta seorang laki-laki TR (32) tertunduk malu ketika dibawa aparat untuk ungkap kasus di hadapan awak media di Polrestabes Semarang, Sabtu (19/2/2022).

Sebelumnya, ketiga orang tersebut bersama tiga orang lainnya, yakni KF (28), MAS (30), RDP (35) berhasil dibekuk Satreskrim Polrestabes Semarang di Solo, Kamis (17/2/2022).

Keenam warga Sumatera Utara yang merupakan sindikat pembobol rekening nasabah bank baru saja membobol bank BUMN di ibu kota Jawa Tengah.

"Para pelaku yang berasal dari wilayah Sumatera ini sengaja datang ke Semarang untuk beraksi di bank BUMN," kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar pada awak media.

"Para pelaku ini mengambil uang milik dua nasabah dengan total kerugian mencapai Rp 1,5 miliar," jelas Kombes Irwan.

Menurut Kapolrestabes, aksi sindikat ini bermula ketika keenam pelaku datang ke Semarang, hari Selasa 15 Februari 2022.

Keesokan hari, kata dia, pelaku yang sudah membekali diri dokumen palsu, seperti KTP elektronik, buku tabungan, dan spesimen tanda tangan calon korbannya langsung mendatangi bank yang jadi target.

Dua pelaku masing-masing pura pura menjadi nasabah/pemilik rekening yang akan dibobol. "Nasabah yang rekeningnya dibobol ini tidak tinggal Semarang," ungkap Kombes Irwan.

Pembobolan tidak hanya di satu bank saja tapi tujuh bank. Dan setelah sukses membobol rekening korban di tujuh kantor cabang bank berbeda, komplotan itu langsung kabur ke daerah lain.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah