Gunung Merapi Kian Sering Erupsi, Warga dan BPBD Intensifkan Siaga Malam

- 6 Maret 2022, 10:15 WIB
Pantauan erupsi Gunung Merapi dari Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Pantauan erupsi Gunung Merapi dari Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah /Dok Media/

KARANGANYARNEWS – Intensitas Gunung Merapi kian sering erupsi, warga sejumlah wilayah Jawa Tengah dan DIY, terutama yang bertempat tinggal di  lereng gunung berapi teraktif ini direkomendasikan lebih siaga dan waspada.

Terkait kian aktifnya gejolak Gunung Merapi ini juga, warga tiga desa di Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, Jawa Tengah lebih mengintesifkan siaga malam.

Tiga desa yang berada tak lebih 3-5 kilometer dari puncak gunung berapi teraktif tadi, disebutkan Desa Balerante, Sidorejo dan Tegalmulyo keseluruhannya di wilayah administrasi Kecamatan Kemalang.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim Mengintai Solo Raya; Waspadai, Ini Ancaman Bencananya

Jainu Rekso Giri, 52 tahun, Kepala Dusun di Desa Balerante menjelaskan, terhitung telah satu bulan terakir warga desanya kian menggiatkan waspada dan siaga bencana erupsi Gunung Merapi.

Dijelaskan juga, selama satu bulan terakir gejolak Gunung Merapi kian aktif. Selain menyemburkan awan panas, juga sering terjadi hujan abu di wilayah Kecamatan Kemalang.

Empat dusun paling rawan terdampat bencana Gunung Merapi di Desa Balerante, dikatakan Jainu Rekso Giri masing-masing Dusun Sambungrejo, Ngipiksari, Sukorejo dan Gondang.

Baca Juga: Klaten Darurat Banjir, Ratusan Warga di 8 Kecamatan Diungsikan

”Selain waspada dan siaga dengan lebih mengintensifkan ronda malam, kami juga lebih sering menjadwalkan pemantauan visual di menara pandang. Alarm  sirine menara pandang sangat membantu kewaspadaan warga,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x