8 Pernyataan Sikap Forum Rektor Perguruan Muhammdiyah Aisyiyah atas Agresi Israel ke Palestina

- 8 Mei 2024, 21:53 WIB
8 pernyataan sikap Forum Rektor Perguruan Muhammdiyah Aisyiyah atas Agresi Israel ke Palestina dalam Aksi Damai Bela Palestina dan Kutuk Israel, Selasa (07/05/2024). (Foto: Dok. Istimewa/Fredy Hengki Setiawan)
8 pernyataan sikap Forum Rektor Perguruan Muhammdiyah Aisyiyah atas Agresi Israel ke Palestina dalam Aksi Damai Bela Palestina dan Kutuk Israel, Selasa (07/05/2024). (Foto: Dok. Istimewa/Fredy Hengki Setiawan) /

KARANGANYARNEWS - 8 Pernyataan Sikap Forum Rektor Perguruan Muhammdiyah Aisyiyah atas Agresi Israel ke Palestina. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Aksi Damai Bela Palestina dan Kutuk Israel di depan Gedung Induk Siti Walidah UMS, Selasa, 7 Mei 2024.

Dalam aksi ini, Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif, menyampaikan pernyataan sikap Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel sesuai arahan Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA). Seruan ini dilakukan serentak 172 PTMA se-Indonesia.

Rektor mengungkapkan, sejak 7 Oktober 2023 hingga saat ini, agresi militer Israel terhadap warga Palestina merupakan serangan paling keji, biadab, dan brutal dalam sejarah konflik Israel dan Palestina. Korban terbunuh telah mencapai hampir 35 ribu orang dan terluka mencapai 77.867 orang, sebagian besar korban wanita dan anak-anak.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Bisa Sebabkan Penyakit Kronis, Sering Tak Disadari Gen Z hingga Milenial

Forum Rektor Perguruan Muhammadiyah-Aisyiyah menyatakan sikap tegasnya. Pertama, mengutuk keras Israel atas agresi dan serangan militer sangat tidak proporsional, penangkapan massal terhadap warga sipil Palestina, perusakan berbagai fasilitas umum, utamanya fasilitas kesehatan, serta blokade bantuan kemanusiaan.

Kedua, mengecam sikap Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jerman, dan negara-negara serta pihak-pihak lainnya yang terus memberikan dukungan dan bantuan terhadap Israel dalam agresi dan penyerangannya terhadap Palestina.

Ketiga, meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memaksa serta memfasilitasi perundingan dan gencatan senjata Israel-Palestina.

Baca Juga: Gultik dan Gongso 45, Sensasi Kuliner Malam di Solo yang Hadirkan Petualangan Rasa

Keempat, mendukung Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) mengadili Benjamin Netanyahu dan tokoh-tokoh Israel lainnya yang terlibat dalam genosida warga Palestina.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah