Layanan Cloud Telkomsigma Atasi Kompleksitas Digitalisasi Industri Healthcare

- 2 April 2022, 05:07 WIB
Keterangan foto:* Gedung Graha Telkomsigma II di Tangerang (Dokumentasi Telkomsigma).
Keterangan foto:* Gedung Graha Telkomsigma II di Tangerang (Dokumentasi Telkomsigma). /

KARANGANYARNEWS-TelkomSigma, melalui bisnis portofolio cloud services, menghadirkan layanan infrastruktur cloud dan platform teknologi.

Cloud Services itu dapat melakukan visualisasi hasil analitik terhadap satu data kesehatan yang diproses melalui platform big data di Kementerian Kesehatan berdasarkan kebutuhan dari tiap fasilitas layanan kesehatan.

Visualisasi data yang ditampilkan melalui satu data kesehatan cukup beragam dan akan membantu para pemangku pengambilan keputusan dalam mengambil langkah atas kebijakan pemerintah.

Infrastruktur teknologi cloud pada sistem satu data kesehatan didukung oleh keberadaan eyeball terbesar dan jaringan multi-backbone dari PT Telkom Indonesia.

"Keunggulan itu menjadikan layanan cloud TelkomSigma mampu menjalankan fungsi self-service automation, optimization, analytic, sekaligus cloud brokerage bagi pengguna," kata VP Corporate Communication PT Telkom, Pujo Pramono, Jumat (1/4/2022).

Dari segi adopsi model cloud, kata dia, sistem satu data kesehatan memakai model private cloud yang dilengkapi infrastruktur dan PaaS yang tersedia baik dari segi skalabilitas dan keandalan layanan.

Pengembangan platform aplikasi cloud-native juga dilakukan pada satu data kesehatan untuk memastikan active-active solution sehingga mendukung adopsi cloud secara end-to-end.

Begitu juga dengan migrasi layanan IaaS dan aplikasi menuju cloud dapat dilakukan melalui layanan cloud manage & professional services.

"Seluruh kapabilitas dari portofolio cloud TelkomSigma diimbangi terpenuhinya aspek compliance dan standar keamanan data dalam operasi data center, cloud security, cloud platform layer, hingga aplikasi."

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x