Jari Tangan di Rem Depan Motor? Waspada Risiko Kecelakaan!

- 21 Juni 2024, 13:05 WIB
Jari Tangan di Rem Depan Motor? Waspada Risiko Kecelakaan!
Jari Tangan di Rem Depan Motor? Waspada Risiko Kecelakaan! //Tangkapan Layar Akun Instagram @magic5.indosiar

KARANGANYARNEWS - Pernahkah kamu merasa panik saat berkendara motor dan refleks menarik tuas rem depan sekuat tenaga? Hati-hati, kebiasaan ini bisa membahayakan lho! Ternyata, posisi jari tangan standby di tuas rem depan justru meningkatkan risiko kecelakaan. Kok bisa?

Menurut Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani, otak manusia cenderung memberikan sinyal refleks untuk mengerem sekuat tenaga bila ada potensi bahaya di jalan. Hal ini wajar, namun bisa berbahaya jika tidak dikontrol dengan baik.

"Dalam kondisi panik, ada kemungkinan tuas gas belum tertutup penuh. Di saat bersamaan, jari tangan kanan sudah refleks menarik tuas rem," jelas Agus.

Akibatnya, motor bisa tetap melaju dan pengereman tidak optimal. Kemungkinan terburuk, pengendara terjungkal karena ban depan terkunci atau slip mengingat sensitivitas rem depan yang tinggi.

Baca Juga: Desain Sporty Dan Teknologi Canggih ‘Ion Mobility M1S’, Motor Listrik Asal Singapura yang Bakal di Lirik

Hindari Jari di Rem Depan, #Cari_Aman Saat Berkendara!

Oleh karena itu, Agus Sani menyarankan para pengendara motor untuk menghindari kebiasaan menaruh jari di tuas rem depan saat berkendara. Hal ini untuk meminimalisir risiko pengereman mendadak yang tidak terkontrol.

"Maka, hindari jari tangan stand by di tuas rem depan agar tetap #Cari_Aman saat naik motor," pesan Agus.

Tapi, Bagaimana dengan Motor ABS?

Halaman:

Editor: Mupus Prasetyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah