Peluang Pasar Bersinar, Pemerintah Bangun Ekosistem Industri Gim Nasional

- 3 Agustus 2021, 22:17 WIB
Pemerintah mendorong pengembangan industri game (gim) nasional lantaran peluang pasarnya cukup besar (Foto: Pixabay/ITECHirfan)
Pemerintah mendorong pengembangan industri game (gim) nasional lantaran peluang pasarnya cukup besar (Foto: Pixabay/ITECHirfan) /

KARANGANYARNEWS – Pemerintah mendorong pengembangan industri game (gim) dalam negeri agar bisa lebih berdaya saing di kancah global. Langkah strategis ini perlu dibangun ekosistem industri yang baik melalui penguatan rantai nilai dan pengoptimalan potensi yang ada di Tanah Air.

“Dengan memerhatikan rantai nilai industri akan menghasilkan sebuah ekosistem yang terintegrasi dan menyeluruh,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier dalam Webinar Bangga Game Buatan Indonesia, dari Jakarta, Selasa (03/08/2021), dilansir dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, kominfo.go.id.

Dirjen ILMATE menjelaskan, pihaknya telah berupaya untuk menguatkan rantai nilai di industri konten melibatkan beberapa sektor pendukung, antara lain industri komik, animasi, film, gim, musik, dan mainan.

Baca Juga: Terdesak Pertanyaan dan Keluhan PPKM, Sejumlah Kades di Grobogan Mengaku Stress

Kemenperin juga proaktif berkoordinasi dengan kementerian terkait, BUMN, dan pihak swasta.

“Dalam membangun ekosistem industri konten yang baik, dibutuhkan kolaborasi dan interaksi antarsektor. Industri berbasis Intellectual Property (IP) dapat saling berkolaborasi dalam pengembangan produk dan IP dengan dukungan investasi, baik dari pihak pemerintah maupun swasta,” tuturnya.

Taufiek Bawazier optimistis dengan terbentuknya ekosistem industri konten yang baik, industri gim sebagai salah satu komponen pendukung di dalamnya juga akan turut tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Apalagi ada beberapa potensi yang dimiliki oleh Indonesia,” ujarnya.

Berdasarkan data dihimpun Newzoo pada 2016-2019, revenue industri gim di Indonesia terus mengalami peningkatan signifikan.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kominfo.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x