SiKasep Jadi Aplikasi Single Interface, Apa Saja Isinya?

- 18 Agustus 2021, 20:02 WIB
Ilustrasi SiKasep.
Ilustrasi SiKasep. /

KARANGANYARNEWS-Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat terus meningkatkan inovasi teknologi pada aplikasi SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan).

Direktur PPDPP Arief Sabaruddin menyampaikan, saat ini PPDPP tengah mengembangkan Aplikasi SiKasep tersebut menjadi single Interface. Dimana nantinya seluruh teknologi yang ada di PPDPP akan tergabung menjadi satu platform di SiKasep.

Sehingga nantinya masyarakat cukup membuka aplikasi SiKasep dan di dalamnya sudah tersedia aplikasi lainnya seperti SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengemban), SiPetruk (Sistem Pemantauan Konstruksi), hingga SiAki QC (Sistem Aktivasi QR Code).

"Inovasi baru ini nantinya juga menyediakan ruang untuk SIBARU (Sistem Informasi Bantuan Perumahan) hingga pemerintah daerah guna mendorong peran dan kontribusi di daerah," kata dia pada forum diskusi rutin dengan para asosiasi pengembang perumahan, baru-baru ini, melalui zoom meeting.

Sementara itu sejumlah pengembang perumahan subsidi tengah menunggu pemberlakukan SiKasep. Menurut mereka, selama ini akhad kredit perumahan subsidi masih tertahan karena belum diberlakukannya sistem informasi KPR subsidi perumahan tersebut.

"Saya kira pemberlakuan SiKasep itu makin cepat makim baik, sehigga calon debitur pembeli perumaham tak perlu menunggu lama," kata salah seorang pengembang.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x