GoTo UMKM Center Di Solo Technopark Diresmikan

- 30 September 2021, 21:04 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso berfoto bersama Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial Andre Soelistyo, CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya, serta Komisaris GoTo, Wishnutama Kusubandio, usai meresmikan GoTo UMKM Center dan di Solo Technopark (STP), Kamis (30/9/2021).
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso berfoto bersama Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial Andre Soelistyo, CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya, serta Komisaris GoTo, Wishnutama Kusubandio, usai meresmikan GoTo UMKM Center dan di Solo Technopark (STP), Kamis (30/9/2021). /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, berbagai regulasi atau kebijakan telah dikeluarkan pemerintah untuk membangkitkan ekonomi nasional di masa pandemi covid-19. Bagi UMKM, kata dia, disediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga sangat rendah. Selain restrukturisasi juga ada stimulan.

"Kalau pemerintah yang di atas sudah melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan perekonomian nasional dalam situasi pandemi ini dengan berbagai regulasi, maka yang di bawah harus 'digoyang', agar penyaluran KUR tidak hanya mencapai target, tapi juga ada 'nilai' yang didapatkan," kata Wimboh.

Hal itu dikatakan dalam peluncuran program Bangkit Bersama dan peresmian GoTo UMKM Center dan di Solo Technopark (STP), Kamis (30/9/2021).

Hadir dalam kesempatan itu Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial Andre Soelistyo, CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya, serta Komisaris GoTo, Wishnutama Kusubandio.

Wishnutama mengatakan, dari sisi pasar, Indonesia adalah pasar terbesar nomer dua di dunia. Karena, kalau berbicara China dan Amerika, penguasa pasarnya adalah bangsa mereka sendiri. Sementara Indonesia
potensinya sangat besar sehingga jangan hanya menjadi target pasar.

Karena itu, UMKM harus bisa memanfaatkan peluang dan potensi pasar itu. "Peluang besar ini sekali lagi harus bisa dimanfaatkan supaya pelaku usaha Indonesia tidak hanya jadi pasar tetapi juga tuan rumah di negeri sendiri," kata mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu.

CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, ada lebih dari empat juta mitra baru yang bergabung di ekosistem GoTo, dan 86% diantaranya ada pengusaha baru. Namun disisi lain, ada tantangan di mana para UMKM ini juga harus menghadapi pedagang luar negeri dan pandemi. GoTo punya tanggung jawab besar dan harus terus hadir untuk bangkit bersama.

"Pendekatan yang kami lakukan sangat hyperlocal, terutama dalam hal menghubungan pengusaha lokal dengan konsumen setempat. Supaya lebih banyak pengusaha daerah bisa go-digital. Solusi yang kami hadirkan selalu didasari atas semangat untuk mengatasi permasalahan di daerah sehingga UMKM lokal selalu bisa jadi
tuan rumah di negeri sendiri," kata William.

Sementara itu secara daring, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mengatakan, gerakan dan ajakan GoTo untuk bangkit bersama ini perlu menjadi manifesto bersama
dalam mendorong tumbuhnya ekonomi nasional, yang dimulai dari daerah-daerah.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah