Gelar Scale Up Bisnis, Joko Sutrisno : Kita Tinggalkan Zona UKM

- 11 Oktober 2021, 16:45 WIB
Ketua Kadin Karanganyar Joko Sutrisno.
Ketua Kadin Karanganyar Joko Sutrisno. /Istimewa/

KARANGANYARNEWS-Scale up adalah membuat suatu perusahaan kecil menjadi lebih besar, mempunyai suatu sistem yang lebih mapan dan mampu menghasilkan keuntungan lebih banyak.

Nah, dalam "Scale Up Bisnis ICSB Jateng" yang diselenggarakan secara online melalui zoom meeting, Minggu (10/10/2021), Joko Sutrisno mengajak para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk maju dan meninggalkan zona nyaman.

Ajakan itu seperti dikatakan Joko Sutrisno ketika dilantik menjadi Ketua Kadin Karanganyar, beberapa waktu lalu. "Mari kita tinggalkan zona UKM untuk menjadi pengusaha besar," kata Joko.

Dalam kesempatan itu, Joko Sutrisno yang menjadi pembicara tunggal webinar menjelaskan tentang business maturity. Process maturity adalah sebuah indikasi bagaimana suatu proses development menjadi komplit dan mampu menangani improvement melalui qualitative measures dan feedback.

"Bisa dikatakan, maturity model adalah jalan untuk mengevaluasi seberapa baik management process:yang dilakukan seseorang dalam berbisnis," kata Joko Sutrisno yang tercatat sebagai ketua umum ICSB Jateng. 

Ada lima tahap atau level dalam business maturity, yaitu :

1. Level Starting. Ini adalah level awal, di mana sebuah produk baru lahir, masih bayi, dan belum bisa diketahui, apakah bisa diterima pasar atau tidak. Yang perlu dilakukan adalah fokus pada produk, bagai mana produk itu bisa diterima pasar, masyarakat. Bagaimana caranya? Banyak cara, bisa melalui testimonial, kuesioner dan sebagainya.

"Di sini banyak yang terjebak. Misal, baru launching dan posisi validasi belum maksimal sudah promosi, iklan dan sebagainya. Alhasil, produk hanya fit di promo, bukan di pasar. Artinya, orang beli karena ada promo bukan karena mereka butuh. "

2. Level Running. Pada level ini, mulai fokus menaikkan omset, bukan profit. Maka tindakan pertama yang harus dimaksimalkan adalah marketing. Bagaimana penjualan tinggi, omset tinggi, terlepas dari ada labanya atau tidak.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x