Berorientasi Ekspor, Pembangunan KEK Gresik Ditarget Serap 40 Ribu Tenaga Kerja Baru

- 13 Oktober 2021, 00:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pembangunan smelter di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik akan menyerap 40 ribu tenaga kerja. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Negara)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pembangunan smelter di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik akan menyerap 40 ribu tenaga kerja. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Negara) /

KARANGANYARNEWS – Pemerintah menargetkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik akan mampu menyerap 40 ribu tenaga kerja baru. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat meresmikan Smelter PT Freeport di Gresik, Selasa (12/10/2021).

Airlangga Hartarto mengungkapkan, pembangunan KEK Gresik tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 71. KEK Gresik merupakan salah satu yang brownfield di mana nantinya akan berorientasi pada ekspor.

“Semuanya didorong untuk berorientasi ekspor dan teknologi tinggi. Salah satu yang hadir hari ini tentunya tadi diharapkan dapat menambah 40 ribu tenaga kerja selama konstruksi,” ujarnya.

Baca Juga: Primbon Jawa: Selasa Legi, Pilih Politisi Atau Pejabat Publik

KEK Gresik direncanakan dapat mengolah 1,7 juta ton konsentrat. Airlangga Hartarto mengatakan, KEK Gresik akan menjadi single line terbesar di dunia dan produksinya ditarget mencapai  600 ribu copper.

“Nilai copper sekarang sedang memasuki tahap Super Cycle, yakni mencapai 9,400 dolar AS per ton. Jadi investasi yang Rp42 triliun atau 3,5 juta dolar AS akan mendapat revenue sebesar 5,4 juta dolar AS,” jelas dia.

Ditambahkan, pembangunan KEK Gresik akan menjadi momentum bersejarah karena hasil tambang PT Freeport akan diolah di dalam negeri sebelum nantinya diekspor ke berbagai negara.

Baca Juga: Pemerintah Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 Libur Natal dan Tahun Baru

“Selama 40 tahun, rata-rata sebanyak 2 juta dolar AS dinikmati negara lain. 70 persen ke Spanyol maupun ke Jepang. Jadi untuk hari ini menjadi bersejarah karena ini seluruhnya akan diproduksi di Gresik,” kata Airlangga Hartarto.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: YouTube Sekretariat Negara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x