Revitalisasi Ulos, Tobatenun Dukung Industri Berbasis Tradisi, Budaya, dan Komunitas

- 16 Oktober 2021, 13:11 WIB
Tobatenun menggelar kampanye budaya dengan tema Bangga Bertenun Bangga Berbudaya dalam rangka memperingati Hari Ulos Nasional 2021 pada 17 Oktober (Dok. Istimewa)
Tobatenun menggelar kampanye budaya dengan tema Bangga Bertenun Bangga Berbudaya dalam rangka memperingati Hari Ulos Nasional 2021 pada 17 Oktober (Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS – Tobatenun menggelar kampanye budaya dengan tema “Bangga Bertenun Bangga Berbudaya” dalam rangka memperingati Hari Ulos Nasional 2021 pada 17 Oktober.

Melalui konferensi pers secara virtual, Jumat, 15 Oktober 2021, Tobatenun berupaya merepresentasi wastra Nusantara, Ulos, tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Sumatra Utara, namun juga nasional.

Kampanye budaya “Bangga Bertenun Bangga Berbudaya” merupakan wujud komitmen Tobatenun untuk memberikan edukasi, tidak hanya bagi pelaku usaha dan komunitas Ulos, namun masyarakat luas.

Ini adalah salah satu upaya Tobatenun untuk menjangkau publik agar dapat memahami Ulos sebagai produk budaya dan ekonomi, sekaligus meningkatkan kesadaran konsumen untuk semakin bangga buatan Indonesia.

Baca Juga: Gempa Bali M 4,8, 3 Warga Meninggal Dunia

Founder dan CEO PT Toba Tenun Sejahtra, Kerri Na Basaria berharap dengan menggelorakan semangat bangga bertenun, bangga berbudaya di Hari Ulos Nasional 2021 ini, masyarakat semakin sadar mengenai pentingnya melestarikan dan mengembangkan wastra Nusantara, salah satunya Ulos.

"Sadar akan potensi Ulos untuk dapat bersaing di pasar nasional maupun mancanegara, kami berupaya melakukan revitalisasi Ulos melalui program pendampingan perajin tenun, memanfaatkan sumber daya alam untuk produksi tenun serta membuat sebuah platform distribusi tenun Sumatra Utara yang terkurasi," ungkap Kerri Na Basaria.

"Kami berharap melalui program kerja yang telah dan akan dilakukan dapat memperkuat ekosistem kain ulos dan para pelakunya. Melalui berbagai rangkaian program kerja, Tobatenun terus berupaya untuk mendukung industri berbasis tradisi, budaya, dan komunitas,” tambahnya.

Disamping itu, Tobatenun terus memberikan edukasi bagi pelaku usaha produk Ulos di Sumatra Utara untuk terus meningkatkan standarisasi dan kompetensi, sehingga dapat menciptakan karya terbaik.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x