BSI punya Program Klaster Usaha Ternak Kambing bagi Pesantren, Ini Cara Pengajuannya

- 24 Februari 2022, 17:01 WIB
Wabup Sukoharjo Agus Santosa, Wadir BSI Ngatari, Direktur Eksekutif BSMU Sukoriyanto Saputro, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat peresmian program klaster usaha nasabah BWM peternakan kambing/domba di Ponpes Imam Syuhodo Sukoharjo, Kamis (24/2/2022).
Wabup Sukoharjo Agus Santosa, Wadir BSI Ngatari, Direktur Eksekutif BSMU Sukoriyanto Saputro, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat peresmian program klaster usaha nasabah BWM peternakan kambing/domba di Ponpes Imam Syuhodo Sukoharjo, Kamis (24/2/2022). /BSI Solo/

KARANGANYARNEWS-Bank Syariah Indonesia (BSI) punya komitmen menjaga keberlangsungan ekosistem Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis syariah.

Program Bank Wakaf Mikro (BWM) untuk klaster usaha ternak kambing atau domba itu berkolaborasi dan sinergi dengan Lembaga Amil Zakat Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZ BSMU).

Tujuan program klaster usaha ternak kambing dan domba oleh BWM itu untuk memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar pondok pesantren (ponpes) guna peningkatan inklusi keuangan syariah, serta fasilitasi keuangan mikro dan usaha bagi masyarakat sekitar ponpes agar terbebas dari jeratan rentenir.

Dimulai sejak akhir 2017 hingga awal tahun ini sudah berdiri di 62 lokasi BWM di 19 provinsi. Dengan anggota program sebanyak 15.655 anggota dalam 3.498 Halmi.

“BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia berkomitmen untuk bersama-sama dengan UMKM agar mereka bisa naik kelas dan meningkat usahanya," kata Wakil Direktur Utama I BSI, Ngatari, Kamis (24/2/2022), dalam siaran pers.

"Program klaster usaha ternak kambing/domba ini salah satu ekosistem BWM dan diharapkan mampu menguatkan kemandirian pengelolaan BWM, penguatan ekonomi masyarakat di sekitar pesantren serta penguatan nilai entrepreneurship bagi ponpes dan masyarakat dengan model pemberdayaan peternakan,” kata Ngatari.

“Program BMW ini juga bersinergi dengan OJK, pemerintah daerah, ponpes dan masyarakat. BSI juga berkomitmen membangun perekonomian umat yang tumbuh dan berkesinambungan bersama BMW lewat ponpes serta mampu memberi dampak ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, program klaster usaha ternak kambing merupakan kegiatan lanjutan, yakni bagaimana memberi manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan bimbingan melalui Bank Wakaf Mikro yang bekerja sama dengan BSI dan LAZNAS BSMU.

"BWM merupakan program yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan untuk masyarakat di sekitar ponpes," kata Wimboh.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x