Buka Annual Members Survey Fintech 2021, Menteri Keuangan : Masalah Perlindungan Konsumen harus Dibenahi

- 30 Maret 2022, 18:38 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani /

KARANGANYARNEWS-Masalah yang wajib dibenahi terkait kondisi Fintech di Indonesia adalah perlindungan konsumen, termasuk perlindungan data, soal infrastruktur yang secara teknis memberi jaminan bahwa Fintech itu fungsional dan dapat digunakan secara praktis oleh masyarakat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan hal itu ketika membuka Annual Members Survey (AMS) 2021, Kamis (24/3/2022) yang digelar Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) secara virtual.

Menkeu berharap, AFTECH terus memegang komitmen untuk terus bersinergi dan kolaborasi baik dengan seluruh penyelenggara sektor jasa keuangan serta mendorong upaya dalam mempercepat digitalisasi dan mendukung pemulihan ekonomi Indonesia.

AFTECH juga diharapkan bisa meminimalkan kesenjangan digital terutama bagi kelompok rentan dan kurang terlayani yaitu kelompok perempuan, pemuda dan terutama masyarakat di daerah yang masih tertinggal.

"Semoga hasil AMS 2021 menjadi bahan diskusi yang produktif dan memberi kontribusi positif bagi perbaikan ekosistem finansial teknologi di Indonesia,” ujar Ibu Sri Mulyani dalam siaran pers, Rabu (30/3/2022).

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, ekonomi keuangan digital di Indonesia berkembang sangat cepat. Ini bukti sinergi dan kolaborasi antara Bank Indonesia, perbankan perusahaan jasa sistem pembayaran, AFTECH, serta e-commerce yang sangat luar biasa dalam mendukung, mempercepat dan terus memajukan ekonomi keuangan digital Indonesia.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menambahkan, enguatan fintech sangat relevan dengan kondisi akhir-akhir ini. Dimana fintech menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat dan memberi akses dalam pembiayaan yang lebih cepat, murah, dan servis yang lebih bagus.

Komitmen nasional dalam digitalisasi dapat mendukung sumber-sumber ekonomi terbaru. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu di garis bawahi, yakni perkembangan digital di sektor keuangan tidak bisa terpisah dari perkembangan digital ekosistem ekonomi.

"Edukasi masyarakat harus menjadi prioritas supaya masyarakat bisa paham produk sesuai dengan profil masing-masing," kata Wimboh Santoso.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x