Kartini Era Milenial Wajib Paham Keseimbangan Mental dan Finansial

- 22 April 2022, 02:14 WIB
Talkshow bertajuk Mentality and Financial Check for Woman, Kamis (21/4/2022), di kantor OJK Solo.
Talkshow bertajuk Mentality and Financial Check for Woman, Kamis (21/4/2022), di kantor OJK Solo. /Humas FKIJK/

KARANGANYARNEWS-Perempuan di era sekarang memiliki tantangan lebih besar. Karena, mereka bukan hanya seorang menteri keuangan yang mengatur keuangan dalam rumah tangga, namun juga tempat bertanya paling nyaman bagi putra putrinya.

Apalagi kalau perempuan itu juga bekerja, dia punya peran ganda. Sudah mengurus rumah tangga, memikirkan target kerjaan juga. "Makanya diperlukan keseimbangan literasi mengenai kesehatan mental dan finansial," kata Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK- IJK) Solo Raya Djaka Nur Sahid.

Hal itu dikatakan di sela talkshow bertajuk Mentality and Financial Check for Woman, Kamis (21/4/2022), di kantor OJK Solo. Kegiatan itu melibatkan karyawati karyawati dari industri keuangan seperti perbankan, pegadaian, pasar modal, pembiayaan dan asuransi.

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan juga meyakini perlunya keseimbangan tersebut. Menurut survey yang dilakukan OJK, tingkat literasi finansial kaum perempuan lebih rendah dibanding laki-laki.

"Indeks literasi perempuan berkisar di angka 36,13% sementara untuk laki-laki 39,94%," kata Kepala Kantor OJK Solo Eko Yunianto.

Dalam kesempatan itu, Eko juga menyinggung pengelolaan keuangan dengan merebaknya investasi bodong yang juga menyasar kaum ibu ibu seperti metode arisan, pinjam meminjam secara online dan lainnya.

"Kaum perempuan wajib lebih hati-hati dengan tawaran-tawaran yang menggiurkan. Selalu ingat legal dan logis. Itu paling mendasar," paparnya. 

Eko melanjutkan kondisi ekonomi sering kali memudahkan orang tidak berpikir logis yang kemudian tidak hanya menyerang dalam keuangan, tetapi juga mental. 

"Dengan kegiatan ini, diharapkan perempuan tetap bisa mengelola mental dengan baik dan juga mengelola keuangan dengan bijak," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x