Rumah Kita...

- 29 Juni 2021, 09:55 WIB
Sejumlah anak mandi di sungai di kawasan Jungke Karanganyar, Jawa Tengah.
Sejumlah anak mandi di sungai di kawasan Jungke Karanganyar, Jawa Tengah. /Langgeng Widodo/

"Lebih baik di sini, rumah kita sendiri, segala nikmat dan anugerah yang kuasa, semuanya ada di sini, rumah kita....." (Rumah Kita, Godbless 1988).

LAGU "Rumah Kita" ciptaan Ian Antono dan jurnalis Theodore KS kembali masyur, di awal merebaknya virus corona di negeri gemah ripah loh jinawi ini dan di berbagai belahan dunia, tahun 2020.

Banyak kalangan menyanyikan lagu itu, baik sendiri atau bersama-sama komunitasnya. Lantas di-upload ke sejumlah media sosial. Seperti youtube, instagram, facebook, tweeter, whatsapp, tiktok, dan lainnya. Ada yang viral, ada yang terhenti di tengah jalan.

Adalah Najwa Shihab yang mengawali ajakan menyanyikan lagu "Rumah Kita" secara keroyokan dalam konser di rumah saja, melibatkan para musisi dan penyanyi papan atas.

Belakangan para rektor dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) bersama sama menyanyikan lagu yang pernah dipopulerkan Godbless tahun 1988 itu.

"Dalam situasi serba sulit seperti sekarang ini karena wabah virus corona, kita harus saling menguatkan dan saling memberi penghiburan," kata Najwa.

Pada sejumlah jurnalis, Ian Antono pernah mengatakan bahwa pesan dari penciptaan lagu "Rumah Kita" itu untuk mengingatkan anak-anak muda pada zaman itu untuk tetap tinggal di rumah sendiri di kampung halaman dan tidak perlu merantau ke kota yang penuh dengan tanya, tanpa tujuan jelas.

Sebab, bagaimana pun tinggal di rumah sendiri, meski sederhana, jauh lebih enak dan lebih nyaman dari pada di perantauan. "Saat itu, saya meninggalkan Malang Jawa Timur, pergi ke mengadu nasib ke Jakarta," kata gitaris dan pendiri Godbless itu.

Apa yang diungkapkan Ian Antono dalam lagu "Rumah Kita" yang dia ciptakan 30 tahun lalu itu mungkin masih relevan, hingga saat ini.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x