Mas Djiwa, Raja Pura Mangkunegaran Dimakamkan di Astana Girilayu, Mateseh, Karanganyar

- 13 Agustus 2021, 15:54 WIB
Astana Girilayu, komplek pemakaman raja-raja dinasti Pura Mangkunegaran
Astana Girilayu, komplek pemakaman raja-raja dinasti Pura Mangkunegaran /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS - Duka nestapa Jumat, 13 Agustus 2021 dini hari, tak hanya memilukan keluarga Pura Mangkunegaran Surakarta, selepas surut usianya pemegang tahta Kadipaten   Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara IX.

Seluruh keluarga besar Kerabat Mangkunegaran yang terhimpun dalam Himpunan Kerabat Mangkunegara (HKMN), baik yang tersebar di seluruh pelosok tanah air, hingga yang berada di manca Negara, pun berlinang air mata.

Kabar duka sekaligus mengejutkan yang cepat viral di berbagai lini media massa ini, merilis meninggalnya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Sri Mangkunegara IX di Jakarta Jumat, 13 Agustus 2021pukul 02.50 Wib.  

Baca Juga: Horoskop Jawa Hari Ini: 6 Jodoh Pinasti Neptu Weton Jumat Legi

KGPAA) Sri Mangkunegara IX, penerus tahta kerajaan (Pura) Mangkunegaran ini tutup usia dikarenakan serangan jatung, pengentalan darah pada jantungnya, setelah terpapar Covid-19.

Informasi dari keluarganya di Pura Mangkunegaran Solo menyebutkan, Jumat 13 Agustus 2021 pagi sekitar pukul 09.00 Wib jenazah Sri Mangkunegara IX diberangkatkan dari Jakarta melalui perjalanan darat.

Sebelum dikebumikan di tempat peristirahatan terakir, jenazah raja yang semasa kecilnya bernama Gusti Pangeran Haryo Sudjiwo Kusumo ini, akan disemayamkan terlebih dulu di istananya, Pura Mangkunegaran Surakarta (Solo).

Baca Juga: Bulan Sura dan Spirit Akulturasi Budaya Arab-Jawa

Hingga Jumat 13 Agustus 2021 pukul 14.30 Wib, belum diperoleh penjelasan dari pihak keluarga, prosesi pemakaman KGPAA Sri Mangkunegara IX apakah akan dilaksanakan Sabtu atu hari minggunya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x