Jejak Kebo Kanigoro (3), Guru Spiritual dan Kesaktian Jaka Tingkir

- 9 Oktober 2021, 16:19 WIB
Area padepokan Ki Kebo Kanigoro yang juga diyakini warga setempat sebagai makam pewaris dinasti Kerajaan Majapahit tersebut
Area padepokan Ki Kebo Kanigoro yang juga diyakini warga setempat sebagai makam pewaris dinasti Kerajaan Majapahit tersebut /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS – Tak banyak yang tahu Ki Kebo Kanigoro pewaris dinasti Majapahit  yang menjalani hidup sunyi di lereng Gunung Merapi, adalah guru spiritual dan ulah kanuragan kesaktian Joko Tinggkir.

Ki Kebo Kanigoro, semenjak kecil memang memilih mengasingkan diri dari kekayaan dan kemapanan hidup istana Kadipaten Pengging.

Putra pertama Adipati Pengging, Handayaningrat lebih dikenal juga Ki Pengging Sepuh, ini lebih suka mengembara ke hutan belantara sambil mencari guru spiritual dan ulah kanuragan.

Baca Juga: Jejak Kebo Kanigoro (2), Menghindar Intrik Politik Dinasti Memilih Jalan Hidup Sunyi 

Hingga ayahandanya 'lengser keprabon' dari kekuasaannya, Kebo Kanigoro memutuskan menyerahkan tahta penerus Kadipaden Pengging kepada Kebo Kenongo, adik kandungnya yang juga trah Raja Majapahit Brawijaya V. 

Sejak saat itulah, Kebo Kanigoro yang secara adat dinasti Kerajaan Majapahit bertahta sebagai Adipati Pengging, lebih memilih menjalani hidup sunyi menjadi pertapa muda di lereng Gunung Merapi.

Namun demikian, bukan berarti Ki Kebo Kanigoro acuh tak acuh terhadap  permasalahan pelik yang menimpa keturunah Brawijaya V, terutama yang terkait Kadipaten Pengging dan keluarga besarnya.

Baca Juga: Jejak Kebo Kanigoro (1), Pewaris Dinasti Majapahit Memilih Jalan Hidup Sunyi di Lereng Merapi

Mas Karebet yang lebih dikenal Joko Tingkir, dikisahkan terbentur masalah besar. Berkait nama baiknya di hadapan penguasa Kasultanan (Kerajaan) Demak Bintoro, Sultan Trenggono.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x