Pakubuwono X, Pemilik Mobil Pertama di Indonesia, Tapi Mobil Disimpan di Museum Belanda

- 25 Oktober 2021, 16:55 WIB
Mobil kuno dari berbagai daerah yang bakal dipamerkan dalam MUNAS XIII & HUT 42th PPMKI, 13 - 14 November 2021 di The Sunan Hotel Solo.
Mobil kuno dari berbagai daerah yang bakal dipamerkan dalam MUNAS XIII & HUT 42th PPMKI, 13 - 14 November 2021 di The Sunan Hotel Solo. /Dokumentasi Panitia MUNAS XIII & HUT 42th PPMKI. /

KARANGANYARNEWS-Raja Kasunanan Surakarta Pakubuwono X diyakini sebagai pemilik mobil pertama di Indonesia, yakni Benz Victoria Phaeton yang dibeli pada 1894.

Pakubuwono X membeli mobil dari penciptanya, yaitu Karl Benz. Meski demikian, Pakubuwono X harus menunggu satu tahun untuk bisa dikirim sampai Kota Solo.

Namun sayang, masyarakat Indonesia pecinta mobil kuno, khususnya di Solo Raya, tidak bisa melihat mobil tersebut dalam MUNAS XIII dan HUT 42th PPMKI yang bakal dihelat 13 - 14 November 2021 di The Sunan Hotel Solo.

Berdasarkan catatan, mobil Benz Victoria Phaeton tahun 1894 itu masih disimpan di salah satu museum di Belanda. Kemungkinan masyarakat atau. peserta MUNAS XIII dan HUT 42th PPMKI hanya bisa melihat mobil kedua milik Pakubuwono X.

"Mobil kedua itu masih disimpan di keraton, yakni Fiat tahun 1907," kata penanggung jawab acara MUNAS XIII dan HUT 42th PPMKI, Irfan Sutikno, Senin (25/10/2021).

Sementara dalam rilis yang dibagikan sejumlah media disebutkan, mobil eks RI 1 dan ratusan mobil kuno dari berbagai merk/tipe bakal hadir di Solo, 13 - 14 November untuk memeriahkan HUT Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia ( PPMKI ).

Mobil-mobil kuno tersebut berangkat dari Medan, Pekanbaru, Sulawesi, Bali, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan beberapa kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Sampai hari ini tercatat sudah 100 lebih yang menyatakan kehadiranya, dan akan terus bertambah mendekati hari H", kata Ketua PPMKI Amin Suryono, didampingi Ketua Bidang Hukum Api Nugroho.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah