Terinspirasi Hobinya Ngopi, Pelukis Boyolali Berinovasi dengan Ampas Kopi

- 19 Desember 2021, 16:20 WIB
Ampas Kopi; Terspirit hobinya ngopi, Darto pelukis di Boyolali mengekspresi jiwa seninnya, melukis sketsa wajah dengan ampas kopi
Ampas Kopi; Terspirit hobinya ngopi, Darto pelukis di Boyolali mengekspresi jiwa seninnya, melukis sketsa wajah dengan ampas kopi /SMSolo/

KARANGANYARNEWS – Inilah inovasi terbarunya Darto, 68 tahun. Pelukis di Boyolali, Jawa Tengah ini, mnuangkan ekspresi seninya melukis dengan ampas kopi sisa seduhan minumannya.

“Secara kebetulan Saya hobiis minum kopi, melihat ampas kopi dalam gelas setiap selesai ngopi tiba-tiba muncul ide memanfaatkannya untuk melukis sketsa wajah,” cerita Darto menguraikan ide awalnya.

Tak menunggu hitungan hari, saat itu juga dia bergegas mencoba corat-coret menggunakan ampas kopi dari gelas bekas minumannya di kertas. Ternyata,  usahanya tak sia-sia.

Baca Juga: Sensasi Nyruput Kopi Plus Elok Nan Eksotik Lanskap Gunung Merapi

Kolaborasi hobinya minum kopi dengan bakat melukisnya yang telah puluhan tahun dilakoni, menghasilkan karya seni lukis yang lebih memiliki karakteristik khas, dibandingkan dengan media lain semisal pensil dan lainnya.

"Eh ternyata bisa. Sejak saat itulah saya melukis sketsa wajah memakai  media kopi dan kertas. Sebenarnya ampas kopi juga dapat digunakan melukis pada kain kanvas,” tambahnya.

Seniman yang bertempat tinggal di Kampung Kebonso, Kelurahan Pulisen, Kecamatan dan Kabupaten Boyolali ini, mengaku melukis sketsa wajah dengan ampas kopi lebih sulit dibandingkan bermedia pensil.

Baca Juga: Surut Pandemi, Pengrajin Kostum Topeng Ireng Lereng Merapi Megeliat Lagi

Melukis menggunakan ampas kopi, menurutnya lebih sulit. Karena harus sekali gores, tidak dapat dihapus. Dihadapan awak media, Darto mendemokan kepiawiannya melukis sketsa wajah bermedia ampas kopi dan kertas.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x