Peduli Erupsi Gunung Semeru, Lukisan Mistis Bakul Jamu Dilelang 10 Miliar

- 11 Desember 2021, 06:43 WIB
Ki Djoko Sutedjo dan lukisan mistis Bakul Jamu karyanya yang dilelang Rp 10 miliar, teruntuk disumbangkan korban erupsi Gunung Semeru dan anak-anak yatim piatu
Ki Djoko Sutedjo dan lukisan mistis Bakul Jamu karyanya yang dilelang Rp 10 miliar, teruntuk disumbangkan korban erupsi Gunung Semeru dan anak-anak yatim piatu /Dok SMSolo/

KARANGANYARNEWS - Peduli erupsi Gunung Semeru, pelukis Ki Djoko Sutedjo  melelang lukisan mistis karyanya Rp 10 miliar, disumbangkan teruntuk korban bencana Gunung Semeru.

Lukisan Bakul Jamuberbahan kain dan cat minyak ini, dilukis Ki Djoko Sutedjo sebelum reformasi, tepatnya tahun 1996 lalu sewaktu dia masih bertempat tinggal di Jalan Soekarno Hatta, Semarang.

Disebut-sebut lukisan penuh aura magis, dikarenakan sejumlah kolektor yang pernah mengoleksi menceritakan sering melihat kedua mata pada lukisan perempuan Bakul Jamu tadi dapat berkedip-kedip.

Baca Juga: Jejak Majapahit di Gunung Semeru (1); Misteri Dibalik Prasasti Ranu Kumbolo

Bahkan, keunikan dan keanehan berbau mistis tidak hanya itu. Menurut pelukisnya,  lukisan Bakul Jamu berpose berjalan menggendong ‘tenggok’ berisi botol jamu, dan tangannya menjinjing ember kecil, bibirnya juga sering Nampak tersenyum sendiri.

“Karena misteri mistisnya itu, lukisan Bakul Jamu berpindah-pindah dari kolektor satu ke yang lainnya. Hingga akirnya kembali lagi kepada pelukisnya,” cerita Ki Djoko Sutedjo yang sekarang bertempat tinggal di Dukuh Pelang, Desa Bade, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Diceritakan juga, di sanggarnya sudah ada empat tokoh spiritual dan paranormal mendeteksi, lukisan Bakul Jamu tadi selain disebutkan beraura mistis tinggi, juga didiami mahkluk abstral alias tidak kasat mata.

Baca Juga: Keren, Pacul Goweng Khas Lereng Merapi Merbabu Raih Predikat Kekayaan Budaya Takbenda

Masih menurut Ki Djoko Sutedjo, baru-baru ini ada tamu seorang ibu dan anaknya berniat mau numpang sembahyang di ruang mushola, secara kebetulan lukisan Bakul Jamu karyanya terpajang di ruang itu.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x