Jejak Majapahit di Gunung Semeru (1); Misteri Dibalik Prasasti Ranu Kumbolo

- 11 Desember 2021, 03:59 WIB
Prasasti di tepi danau Ranu Kumbolo Gunung Semeru, hingga kini masih masih menyimpan misteri yang belum terjawab para arkeolog
Prasasti di tepi danau Ranu Kumbolo Gunung Semeru, hingga kini masih masih menyimpan misteri yang belum terjawab para arkeolog /dok terakota.id/

KARANGANYARNEWS - Dibalik erupsi Gunung Semeru, tersimpan ribuan misteri yang belum terungkap. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini, bahkan telah melegenda sejak kejayaan Kerajaan Kediri maupun Kerajaan Majapahit.

Selain setiap sudut lereng Gunung Semeru ditemukan beragam situs, di sepanjang jalur pendakian hingga puncak Gunung Semeru, pun para Arkeolog menemukan sekian prasasti peninggalan era kejayaan kerajaan di Nusantara.

Prasasti di tepi danau Ranu Kumbolo, salah satunya. Diyakini sebagai salah satu jejak perjalanan mencari air suci di era Kerajaan Kediri.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru 2021, Letusan Terdahsat Sepanjang 58 Tahun

Di area ditemukannya tiga arca di perbatasan vegetasi dengan medan berpasir,  juga diyakini terdapat punden berundak yang masih terpendam, hingga sekarang juga belum terkuak misteri dibalik peninggalan sejarah kuno ini.  

Pada batu prasasti yang tertanam di tepi danau Ranu Kumbolo, terpahat aksara Jawa kuno berbunyi; ‘Ling deva ‘pu Kameswara tirthayatra’. Diyakini, prasasti yang lebarnya tak lebih dua meter ini, dibuat oleh rohaniawan yang menamakan dirinya Mpu Kameswara.

Sebagaimana ditulis terakota.id, hingga sebelum Gunung Semeru erupsi, Sabtu 04 Desember 2021 di sekitar prasasti yang berada pada ketinggian 2.400 Meter di atas permukaan air laut (Mdpl) ini, masih terlihat taburan bunga aneka rupa dan   bekas pembakaran dupa.

Baca Juga: Kampung Solo di Gunung Semeru, Jejak Kolonialisme VOC yang Terlupakan

Terkait tulisan Jawa dalam prasasti di pinggir danau Ranu Kumbolo tadi, Dwi Cahyono Arkeolog Universitas Negeri Malang menjelaskan, kata ‘yatra’  berarti perjalanan spiritual.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x