Dibalik Kian Garangnya Gunung Semeru, Inilah Misteri dan Pamali Eksotiknya Ranu Kumbolo

- 6 Desember 2021, 08:27 WIB
Dibalik elok nan eksotiknya danau Ranu Kumbolo Gunung Semeru, menyimpan sejumlah misteri mistik dan pantangan atau pamali teruntuk para pendaki
Dibalik elok nan eksotiknya danau Ranu Kumbolo Gunung Semeru, menyimpan sejumlah misteri mistik dan pantangan atau pamali teruntuk para pendaki /dok tripcetera/

KARANGANYARNEWS – Dibalik elok nan eksotiknya danau Ranu Kumbolo, menyimpan beragam misteri dan sejumlah mitos yang tak boleh dilanggar setiap pendaki Gunung Semeru.

Keleluasaan dan keelokan pesona alam ini juga, menjadikan danau Ranu Kumbolo sebagai area paling favorit teruntuk bascam para pendaki, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Puncak Mahameru.

Alasan lainnya, kecuali dapat melihat langsung keindahan pesona danau pada  ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, dapat juga beristirahat sekalian berinteraksi dengan para pendaki lain dari berbagai daerah.

Baca Juga: Dibalik Misteri Gunung Semeru, Tanjakan Cinta Jalur Pintas Temukan Jodoh Para Jomblo

Biasanya pendaki sampa di area danau Ranu Kumbolo malam hari, untuk menyaksikan gugusan galaksi jika langit cerah. Waktu terbaik untuk meraih pengalaman paling mengesankan di bulan Mei hingga September.

Danau Ranu Kumbolo, sebenarnya juga merupakan spot terbaik untuk melihat sunrise dan sunset. Namun demikian, dibalik beragam eksotik danau di Gunung Semeru ini menyimpan juga berbagai misteri maupun mitos mistis yang harus diketahui dan ditaati setiap pendaki.

Inilah sejumlah misteri dan mitos mitis dibalik elok eksotiknya danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, dikutip dan dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: Diyakini Sejak Abad 15 Silam, Inilah Misteri Dibalik Garangnya Gunung Semeru

Sakralnya Air Danau Ranu Kumbolo; Danau Ranu Kumbolo dipercayai  penduduk setempat sebagai penanmpung air suci. Sejak ratusan tahun silam, air danau Ranu Kumbolo dimanfaatkan untuk ritual suci masyarakat setempat.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x