Faris Wibisono, Melestarikan dan Mentransformasi Wayang Beber Daulang di Era Digital

- 7 Februari 2022, 20:10 WIB
Faris Wibisono warga Dusun Sumberalit, Desa Sedayu, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri memainkan Wayang Beber
Faris Wibisono warga Dusun Sumberalit, Desa Sedayu, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri memainkan Wayang Beber /Instagram @faris_wibisono/

KARANGANYARNEWS - Wayang Beber, kian sulit dilacak jatidirinya. Seni budaya adilihung warisan nenek moyang ini, sudah sekian generasi tak dikenali lagi.

Berbagai sumber yang dihimpun KaranganyarNews.pikirab-rakyat.com, Wayang Beber yang populer di era sebelum Wali Songo merupakan kesenian tradisional asli buah kreatifitas leluhur bangsa Indonesia.

Pertunjukannya digelar dengan membentangkan papan panel lebar, terbuat dari daulang bergambar serangkaian cerita. Dalang atau tokoh sentra pertunjukan rakyat ini, menceritakan detail setiap episode dalam gambar Wayang Beber tadi.

Baca Juga: Gubernur Ganjar Nekat Ngantor, Tak Pedulikan Ngilu Patah Tulangnya

Cerita yang dibeberkan, pun bukan ephos Mahabarata atau kisaha Ramayana yang bersumber dari India. Dalam pertunjukan Wayang Beber, sang dalang mengkisahkan kisah Panji bersumber cerita tutur tinular asli Jawa.

Wayang Beber kuno, media gambarnya menggunakan daluwang, era penjajahan dulu masyarakat kita menyebutnya dluwang, sejenis kertas yang terbuat dari kulit pohon mulberry.

Sumber pustaka yang berhasil dilacak menjelaskan, daulang digunakan sebagai bahan wayang beber 750 tahun lalu. Artefak wayang beber yang asli sekarang tinggal tiga, dua di Indonesia satunya lagi di museum Leiden Belanda.

Baca Juga: 4 Penguasa Solo Raya Masuk Daftar Pejabat Terkaya; LHKPN Juliyatmono Tidak Terekspose, Kenapa?

Terkait keberadaan artefak Wayang Beber tertua tadi, Faris Wibisono menyebutkan, salah satu diantaranya disimpan dan dirawat secara turun-temurun oleh salah satu keluarga di Dukuh Karangtalun, Desa Gedompol, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x