Menelisik Tempat-Tempat yang Menjadi Sarang Harimau Siluman di Wonogiri

- 20 Maret 2022, 15:12 WIB
Kawasan air terjun Watu Jadah disebut-sebut menjadi salah satu tempat kemunculan harimau siluman
Kawasan air terjun Watu Jadah disebut-sebut menjadi salah satu tempat kemunculan harimau siluman /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Bagi warga Wonogiri yang berada di lereng Gunung Lawu bagian selatan, kemunculoan sosok harimau mungkin bukan hal yang aneh.

Wilayah Wonogiri sisi Selatan yang masih masuk kawasan lereng Gunung Lawu memang disebut-sebut sebagai salah satu habitat dari harimau, termasuk harimau Jawa yang disebut-sebut sudah punah.

Pada sekitar tahun 1970 hingga 1980an, keberadaan harimau Jawa masih kerap terlihat di wilayah-wilayah Kismantoro, Slogohimo maupun Jatipurno.

Kini satwa buas itu sudah dikabarkan punah. Karena dari penelitian yang dilakukan, keberadaan satwa ini sudah tidak terdeteksi lagi.

Baca Juga: Menyibak Misteri Harimau Menggendong Mayat di Wonogiri

Meski demikian, beberapa warga yang tinggal di pinggiran hutan Wonogiri Selatan mengaku pernah melihat keberadaan harimau yang juga disebut dengan macan gembong ini.

Kuat dugaan yang dilihat warga itu bukanlah harimau Jawa yang sebenarnya. Artinya bisa saja itu jenis harimau yang lain atau malah justru harimau Jawa siluman.

Ya, bagi warga di kawasan pinggiran hutan lereng Gunung Lawu, mitos tentang adanya sosok siluman harimau memang snagat dipercaya.

Bahkan beberapa dari mereka ada yang mengalami sendiri melihat harimau siluman ini mengambil mayat dari komplek pemakaman. Yang mana mayat yang dibawa itu diyakini sebagai pelaku pesugihan.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x