Mataram Undercover. Skandal Seks Panembahan Senopati di Awal Berdirinya Mataram

- 22 Maret 2022, 16:40 WIB
Kedung Pasiraman di kawasan Hutan Kahyangan yang diyakini sebagai tempat pertemuan Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul
Kedung Pasiraman di kawasan Hutan Kahyangan yang diyakini sebagai tempat pertemuan Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Sebagai seorang raja pendiri Kerajaan Mataram, serangkaian skandal seksual konon pernah mewarnai perjalanan hidupnya. Salah satunya dengan Nyi Ageng Huju, sosok perempuan cantik yang tinggal di kawasan Hutan Kahyangan, Wonogiri.

Skandal ini sendiri terjadi karena kebiasaan dari Panembahan Senopati yang suka menjalankan laku spiritual di berbagai tempat, termasuk kawasan Hutan Kahyangan.

Hutan yang masuk dalam wilayah Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini memang menjadi tempat favorit bagi Panembahan Senopati.

Bahkan karena begitu senangnya melakukan ritual di tempat ini, berbagai skandal pun terjadi dan mewarnai perjalanan hidup sang raja.

Baca Juga: Misteri Warung Pecel Lele di Alas Roban

Skandal yang pertama tentu sudah banyak dibicarakan masyarakat, yaitu hubungan khusus antara Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul.

Yang mana hubungan ini terjadi karena Panembahan Senopati meminta bantuan pada penguasa alam gaib itu, untuk membantunya dalam mendirikan kerajaan Mataram.

Dan kompensasi yang diminta oleh Ratu Kidul adalah, dia menjadi istri tokoh yang bernama asli Danang Sutowijoyo itu.

Bahkan tak hanya Panembahan Senopati, sebagai bentuk bantuan perlindungan terhadap Kerajaan Mataram, status istri gaib ini juga diturunkan pada anak turun Panembahan Senopati.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x