Sekecil Apapun, Dosa Tak Mungkin Dapat Disembunyikan

- 18 April 2022, 20:53 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

MELAKUKAN dosa tersembunyi saat tidak bersama handai taulan dan beribadah dalam suasana ramai, pernah diramalkan Rasulullah SAW.

Dalam hadist dari Tsauban dikisahkan, orang-orang itu menerjang apa yang diharamkan Allah SWT saat sedang tiada orang lain.

“Sungguh saya telah mengetahui bahwa ada suatu kaum dari umatku yang datang pada hari kiamat dengan membawa kebaikan sebesar Gunung Tihamah yang putih. Kemudian Allah menjadikannya debu berterbangan”.

Baca Juga: Makanan dan Pengaruhnya Terhadap Karakteristik Manusia

Tsauban bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sebutkanlah ciri-ciri mereka dan jelaskanlah perihal mereka agar kami tidak menjadi seperti mereka tanpa disadari’.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya mereka adalah saudara kalian dan dari golongan kalian. Kulit mereka sama dengan kulit kalian, mereka shalat malam sebagaimana kalian, tetapi mereka adalah kaum yang jika bersepian. Mereka menerjang hal yang diharamkan Allah."(HR Ibnu Majah).

Makna hadis Tsauban, menerangkan sifat-sifat manusia. Di antara mereka, ada yang bermaksiat saat sendiri dan hatinya memang menentang Allah. Manusia lainnya bermaksiat saat sendiri, karena dikalahkan syahwatnya.

Baca Juga: Segera Bertobatlah Selagi Allah Masih Menutupi Aibmu

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x