Wajib Direnunghayati, Inilah Pesan Ali Bin Abu Thalib Teruntuk Kita

- 17 April 2022, 03:25 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

ADA untaian nasihat penuh hikmah dari sang khalifah keempat, Ali Bin Abu Tholib, sebagaimana dalam Najhul Balaaghah dan Ghurar al-Hikam.

Diantaranya, pesan Ali berkait pentingnya menjaga lisan. Menurut Ali, "al-lisaan mizaanul insan." Artinya, lisan atau perkataan seseorang adalah ukuran dari orang tersebut.

Maknanya, jika seseorang sering berkata bohong atau mencaci-maki, level orang itu yang sampai pada kebohongan dan cacian. Tak lebih dari itu.

Baca Juga: Inilah 3 Golongan yang Dicintai Allah, Menurut Alquran

Dalam riwayat lain, Imam Ali menyebutkan, "Lisan itu adalah penerjemah hati." Ia juga berkata, "Betapa banyaknya darah tertumpah karena lidah. Betapa banyaknya manusia yang binasa karena lidahnya. Betapa banyaknya ucapan yang menyebabkan kamu kehilangan kenikmatan."

Dalam hal ini, Ali bin Abi Thalib mencontoh teladan Nabi SAW. Beliau pernah bersabda, "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam."

Baca Juga: Keluar Flek dari Organ Intim Saat Puasa Ramadhan, Batalkah Puasanya?

Bila suatu ucapan cenderung pada keburukan, hendaknya seseorang yang beriman menahan diri dari berbicara. Sebab, apa yang sudah terucap tak mungkin ditarik kembali. Ali mengibaratkan hal ini sebagai harta.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah