Catat dan Ingat, Inilah Tanda Kebaikan dan Kerusakan Hati Manusia

- 22 April 2022, 10:25 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

DIYAKINI hampir 100%, setiap insan yg sehat  memiliki hati yg sehat (baik), Namun apa yg tersimpan sebagai isi hati setiap insan, hanya Allah Ta'ala Yang Maha Mengetahui.

Dalam hadits sahih, Rasulullah SAW bersabda: "Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari dan Muslim).

Syaikh Sholih Al Fauzan semoga Allah memberkahi umur beliau dalam kebaikan dan ketaatan menyatakan: “Baiknya hati adalah dengan takut pada Allah, rasa khawatir pada siksa-Nya, bertakwa dan mencintai-Nya”.

Baca Juga: Inilah Berlipatgandanya Pahala Teruntuk Infak di Jalan Allah

“Jika hati itu rusak, yaitu tidak ada rasa takut pada Allah, tidak khawatir akan siksa-Nya, dan tidak mencintai-Nya, maka seluruh badan akan ikut rusak. Karena hati yang memegang kendali seluruh jasad”.

“Jika pemegang kendali ini baik, maka baiklah yang dikendalikan. Jika ia rusak, maka rusaklah seluruh yang dikendalikan. Oleh karena itu, seorang muslim hendaklah meminta pada Allah agar dikaruniakan hati yang baik”.

“Jika baik hatinya, maka baik pula seluruh urusannya. Sebaliknya, jika rusak, maka tidak baik pula urusannya.”

Baca Juga: Catat dan Ingat, Karena Mulut Badan Bisa Binasa

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah