Tausiah Hari Ini; Sholat, Kriteria Utama Pemimpin Menurut Syariat Islam

- 29 Mei 2022, 21:21 WIB
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

UNTUK memilih pemimpin yang baik, dalam syariat Islam ada kriterianya.  Salah satu diantaranya, orang yang mendirikan shalat.

Sebagaimana diisaratkan dalam surah Alquran surat Al-Maidah berikut ini; “Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah).” (QS. Al-Maidah, 5: 55)

Kriteria pemimpim yang mau menolong dan membantu umat serta menuntun mereka ke jalan yang benar, adalah pemimpim yang shalat, bayar zakat dan tunduk kepada Allah.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Inilah Hakikat Kaya dan Qonaah Ala Rasulullah

Selama dua tahun lebih, kita kesulitan bertemu pemimpin. Karena adanya protokol kesehatan sangat ketat, untuk bisa perjumpaan antara rakyat dengan pemimpin, pun sangat sulit.

Padahal, dalam syariat Islam, seorang pemimpin harus sangat mudah untuk dijumpai rakyat. Diantaranya, mereka bisa menemukan para pemimpinnya di masjid-masjid.

Alhamdulillah, terhitung mulai akir bulan lalu aturan pemerintah terkait ketatnya protokol kesehatan, karena kasus pandemi Covid-19 sudah diperlonggar. Sehingga kerinduan umat Islam, dengan suasana masa-masa Rasulullah dan sahabatnya, semoga segera juga terobati.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Mentauladani Keterhimpitan Kaum Muslim dalam Perang Khandaq

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x