Tausiah Hari Ini; Teruntuk yang Selalu Merasa Kurang, Ini ‘Tamba Ati’ Ala Rasulullah

- 30 Mei 2022, 20:50 WIB
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

MANUSIA sering dihinggapi perasaan selalu merasa kurang dengan harta atau apa pun yang telah dimiliki. Inginnya, memiliki lebih dari yang sudah ada dan dimilikanya.

Punya satu, ingin punya dua. Punya dua, ingin punya tiga. Begitu seterusnya. Saking ambisiusnya mendapatkan lebih dari yang telah ada, sampai lupa diri dan lupa daratan, bahkan lupa Allah.

Terlalu sibuk mencari, mengejar, dan menginginkan lebih dari yang dimiliki bahkan untuk sesuatu yang bukan kebutuhan, hingga lupa bersyukur kepada Allah dan berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkannya.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Allah Menguji Umatnya Sejak Dalam Kandungan, Kenapa?

Nabi menggambarkan manusia seperti itu sebagaimana dalam sabdanya;

“Seandainya manusia diberi satu lembah penuh dengan emas, ia tentu ingin lagi yang kedua. Jika ia diberi yang kedua, ia ingin lagi yang ketiga. Tidak ada yang bisa mengha langi isi perutnya selain tanah. Dan Allah Maha Penerima tobat siapa saja yang mau bertobat.” (HR al-Bukhari).

Orang yang selalu merasa kurang, sehingga terus berambisi menumpuk kekayaan kerap melupakan syukur ketika telah mendapatkan yang diinginkan, karena sibuk mencari tambahan lebih banyak lagi.

Dan, ketika ia tidak berhasil mendapatkannya, ia akan kecewa berlebihan hingga mengalami tekanan jiwa, depresi, dan stres.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x