Fakta-fakta Penyebab Nikah Muda Berisiko Bikin Anak Stunting, Begini Penjelasan Lengkapnya

- 18 Juli 2022, 21:16 WIB
Fakta-fakta Nikah Usia Dini Bikin Anak Stunting
Fakta-fakta Nikah Usia Dini Bikin Anak Stunting /YouTube/PikiranRakyat

KARANGANYARNEWS - Apakah pernikahan di usia muda atau nikah muda menyebabkan anak yang dilahirkan kelak bakal stunting? Apa hubungannya? Apa faktor-faktor penyebabnya? 

Pertanyaan soal stunting itu dijawab dengan jelas dan gamblang dalam program talk show daring 'KLARIFIKASI' yang digelar Forum Pimred PRMN (Pikiran Rakyat Media Network) pada Senin 17 Juli 2022 di kanal YouTube Pikiran Rakyat. 

Dipandu presenter cantik Masayu Putri, dialog interaktif bertajuk 'Nikah Muda Bikin Anak Stunting?' ini menghadirkan Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG (K) selaku Kepala BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) sebagai narasumber.

Baca Juga: Gandeng Berbagai Pihak, UNISRI Gelar FGD Guna Mencari Solusi Stunting di Indonesia dan Malaysia

Sebelum menyimak penjelasannya, silakan subscribe, like dan share terlebih dahulu kanal YouTube Pikiran Rakyat ke keluarga, saudara dan rekan-rekan Anda.

Stunting pasti pendek, pendek belum tentu stunting

Hasto Wardoyo dalam paparannya menjelaskan, stunting merupakan kondisi anak yang gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis sejak dalam kandungan. Tubuhnya terukur lebih pendek untuk usianya. 

Namun, Hasto menyebutkan bahwa tidak semua anak yang bertubuh pendek itu stunting, hal itu jika dilihat dari perkembangan intelektual anak. Di antaranya motorik halus dan motorik kasar, kemampuan merespons lingkungan, serta mampu membedakan warna.

Baca Juga: Biar Anaknya Kelak Tidak Stunting, Calon Pengantin Disyaratkan Periksa Kesehatan 3 Bulan Sebelum Menikah

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah