Jangan Salah Pilih! Begini Cara Membedakan Perkutut Kalung Tempuk Asli dan Palsu

- 6 Agustus 2022, 22:50 WIB
Perkutut katuranggan kalung tempuk banyak di
Perkutut katuranggan kalung tempuk banyak di /Klasik Herlambang/Karanganyar newa

KARANGANYARNEWS - Burung perkutut menjadi salah satu binatang peliharaan yang banyak dipelihara, baik karena suaranya maupun karena katuranggannya.

Katuranggan sendiri merupakan ciri fisik ataupun perilaku berbeda yang dimiliki oleh seekor burung perkutut, sehingga dipandang istimewa karena diyakini memiliki kekuatan gaib.

Ada banyak macam katuranggan yang dimiliki oleh burung perkutut, dengan keistimewaan masing-masing.

Dan salah satu katuranggan yang dipandang sangat istimewa adalah kalung tempuk, karena diyakini memiliki filosofi bahwa segala apa yang diharapkan atau diimpikan pemiliknya akan terkabul.

Baca Juga: Mengintip Sakralnya Prosesi Penarikan Pusaka di Sitinggil Ngukir Rahtawu Madiun

Disebut kalung tempuk karena bulu lurik di bagian dadanya menyambung antara yang kanan dengan yang sebelah kiri. Sehingga burung tersebut kelihatan seperti mengenakan kalung, karena lurik di dadanya penuh.

Ciri fisik kalung tempuk terbilang langka karena rata-rata pada umumnya bulu lurik di dada burung perkutut tidak akan menyambung antara sisi kiri dan kanannya. Sehingga bila ada yang luriknya menyambung, bisa dibilang burung langka.

Dan karena begitu istimewanya burung perkutut kalung tempuk ini, membuat harganya di pasaran juga terbilang tinggi.

Hal ini pun pada akhirnya diikuti berbagai ulah nakal oknum pedagang burung, dengan menciptakan burung perkutut kalung tempuk palsu.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Channel Youtube Gelombang Jiwa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x