Persalinan dengan Operasi Bedah Caesar, Ini Dia Kelebihan dan Risikonya yang Bunda Perlu Tahu

- 2 November 2023, 22:07 WIB
Persalinan dengan operasi bedah caesar, ini dia kelebihan dan risikonya yang bunda perlu tahu. Proses persalinan dapat dilakukan secara alami maupun operasi caesar. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)
Persalinan dengan operasi bedah caesar, ini dia kelebihan dan risikonya yang bunda perlu tahu. Proses persalinan dapat dilakukan secara alami maupun operasi caesar. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt) /

KARANGANYARNEWS Persalinan dengan Operasi Bedah Caesar, Ini Dia Kelebihan dan Risikonya yang Bunda Perlu Tahu. Proses persalinan dapat dilakukan secara alami atau normal maupun dengan jalan pembedahan alias operasi caesar.

Metode kedua dapat dilakukan manakala perlu dilakukan tindakan darurat ketika kehamilan ibu dinilai terlalu berisiko untuk melahirkan secara normal.

Kendati demikian, tak sedikit pula ibu hamil memilih menjalani operasi caesar, meski sejatinya dia bisa melakukan persalinan normal. Pertimbangannya, operasi caesar bisa direncanakan dan tida sesakit persalinan normal.

Terlepas dari pandangan tersebut, operasi caesar tetap memiliki risiko. Karenanya, Moms sebaiknya memilih operasi caesar jika memang benar-benar mendesak dilakukan, seperti misalnya posisi bayi sungsang, ukuran bayi terlalu besar, atau pun pernah menjalani operasi caesar sebelumnya.

Baca Juga: Persalinan Prematur: Ini Dia Penyebab, Gejala dan Cara Penanganannya Moms

Penting untuk diketahui pula Moms, sebelum Anda memutuskan menjalani operasi caesar, konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat penyakit dimiliki.

Hal ini tentu saja untuk menghindari berbagai risiko yang mungkin timbul akibat obat bius pada saat operasi.

Hasil studi juga mengungkap, operasi caesar dapat memicu ketidakseimbangan populasi antara bakteri baik dan bakteri jahat pada usus bayi.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x