Perbaiki Ketegangan Hubungan, PM Jepang dan Presiden Korea Selatan akan Bertemu

- 19 Juli 2021, 12:26 WIB
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga saat memberikan keterangan pers yang menyatakan Darurat Tokyo dua pekan sebelum pelaksanaan Olimpiade pada 8 Juli 2021. (Foto: Reuters/Nicholas Datiche)
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga saat memberikan keterangan pers yang menyatakan Darurat Tokyo dua pekan sebelum pelaksanaan Olimpiade pada 8 Juli 2021. (Foto: Reuters/Nicholas Datiche) /

KARANGANYARNEWS, Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-In direncanakan akan melakukan pertemuan tatap muka pada Jumat (23/7/2021), bertepatan dengan dimulainya acara Olimpiade Tokyo.

Menurut laporan surat kabar Jepang, Yomiuri, Senin (19/7/2021), ini merupakan kali pertama kedua pimpinan negara tersebut bertemu langsung pasca ketegangan hubungan antara negara Jepang dan Korsel yang dipicu oleh komentar diplomat Jepang.

Komentar tersebut menyebut menimbulkan tekanan baru pada hubungan diplomatik Jepang – Korsel yang selama ini sudah tegang.

Namun kedua kantor pemerintahan, pada Senin ini, membantah bahwa pertemuan keduanya telah selesai. Blue House, kantor kepemerintahan Korea Selatan mengatakan kunjungan Moon masih belum dipastikan.

“masih belum pasti apakah ada kunjungan ke Jepang karena belum ada tindakan memuaskan yang diambil oleh pihak Jepang soal hambatan terakhir untuk menggelar pertemuan,” demikian pernyataan pemerintah Korea, dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Kris Wu eks EXO Dituding Perkosa 30 Wanita, Brand Perawatan Kulit Putus Kontrak!

Nantinya jika bertemu,mereka kemungkinan kan membahas berbagai masalah yang memicu ketegangan hubungan Jepang-Korea Selatan selama beberapa generasi.

Termasuk masalah kompensasi bagi orang-orang yang dipaksa bekerja di perusahaan-perusahaan dan rumah bordil militer Jepang selama pemerintahan kolonial Jepang tahun 1910 – 1945.

Sebelumnya pada Jumat lalu, saluran penyiaran Korea Selatan melaporkan bahwa seorang diplomat senior Jepang menyebut Moon “bermasturbasi” saat ia menggambarkan upaya presiden Korea Selatan itu meningkatkan hubungan dengan Jepang.

Halaman:

Editor: Zening Demaringtyas

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x