Awas Para Koruptor, Di Karanganyar kini ada Lembaga Anti Korupsi, Jangan Main-main

- 1 Februari 2022, 19:10 WIB
Rapat pembentukan DPD GMPK Karanganyar, Selasa (1/2/2022).
Rapat pembentukan DPD GMPK Karanganyar, Selasa (1/2/2022). /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Dewan Pengurus Daerah Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi atau DPD GMPK Karanganyar terbentuk.

Dalam rapat pembentukan pengurus, Selasa (1/2/2022), Sugiyarto ditetapkan sebagai ketua dan Suwanto sebagai wakil ketua. Sekretaris dan bendahara dipercayakan pada Heri Hermawan dan Heryanto.

Ada pun, sebagai pengawas adalah Sri Desto Untung Raharjo, FX Sainu, dan Joko Siwiyono. Lembaga Anti Korupsi tersebut juga diperkuat para pejuang anti korupsi lokal, para pengacara (lawyer), dan jurnalis peduli korupsi di Karanganyar.

Selain mengumpulkan pas foto dan mengisi formulir, para pengurus Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi juga mengisi pakta integritas anti korupsi.

Di tingkat pusat, DPP GMPK dibentuk dan diketuai Bibit Samad Riyanto, mantan ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Sehingga jaringan lembaga antirasuah itu sudah tersebar di berbagai kota/kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Dalam waktu dekat, DPD GMPK Karanganyar dilantik ketua DPP GMPK Bibit Samad Riyanto. "Sudah menjadi cita-cita kami sajak lama mendirikan lembaga Anti Korupsi berintegritas dan independen," kata DPD GMPK Karanganyar terpilih Sugiyarto.

Deputi Pendidikan Anti Korupsi DPD GMPK Karanganyar Bambang Priyono menambahkan, GMPK akan menitik beratkan pada upaya pendidikan anti korupsi, selain investigasi dan advokasi.

"Dengan pendidikan anti korupsi pada anak-anak remaja atau milenial, kita bisa mencegah tindak korupsi sejak dini," kata Bambang Priyono.(***)

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x