5 Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di Indonesia, Bakar Gunung Api hingga Perang Ketupat

- 4 Mei 2022, 16:29 WIB
5 tradisi unik perayaan Idulfitri di Indonesia, mulai dari Bakar Gunung Api hingga Perang Ketupat yang membuat suasana Lebaran semakin semarak. (Foto ilustrasi: Pixabay/husainbawa1)
5 tradisi unik perayaan Idulfitri di Indonesia, mulai dari Bakar Gunung Api hingga Perang Ketupat yang membuat suasana Lebaran semakin semarak. (Foto ilustrasi: Pixabay/husainbawa1) /

KARANGANYARNEWS - 5 Tradisi Unik Perayaan Idulfitri di Indonesia, Bakar Gunung Api hingga Perang Ketupat. Menyambut Hari Raya Idulfitri, ada beragam upacara tradisi dilakukan masyarakat Indonesia.

Sebagaimana disarikan dari akun Instagram @kemdikbud.ri, berbagai daerah di pelosok Nusantara memiliki caranya sendiri ketika membuat suasana Lebaran lebih meriah. Berikut beberapa di antaranya.

"Meugang (Aceh) adalah tradisi menyembelih sapi atau kambing," tulis akun Instagram @kemdikbud.ri, Selasa, 3 Mesi 2022.

Baca Juga: Aktris Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia, Sempat Minta Lebaran di Rumah

Tradisi Meugang bagi masyarakat Aceh di pedesaan biasanya dilakukan sehari sebelum hari raya berlangsung. Sementara untuk masyarakat perkotaan dilakukan dua hari sebelum Idulfitri.

Lain lagi di daerah Bangka. Di sana terdapat tradisi bernama Bedulang yang dilakukan setelah menunaikan ibadah Salat Idulfitri.

Usai bersalaman, masyarakat kembali berkumpul di halaman masjid untuk menikmati makan bersama.

Sementara di Bengkulu terdapat Bakar Gunung Api atau dikenal pula dengan istilah Ronjak Sayak.

Baca Juga: 11 Daya Tarik Petik Salak di Agrowisata, Isi Libur Lebaran

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x