Kasus PMK Menjelang Idul Adha, Peternak Sapi Karanganyar Tolak Vaksinasi

- 2 Juli 2022, 07:25 WIB
Selain vaksinasi untuk pencegahan PMK di Kabupaten Karanganyar juga dilakukan pemeriksaan sapi yang diperjualbelikan di pasar hewan
Selain vaksinasi untuk pencegahan PMK di Kabupaten Karanganyar juga dilakukan pemeriksaan sapi yang diperjualbelikan di pasar hewan /Dok SMSolo/

KARANGANYARNEWS – Kian merebaknya PMK menjelang Idul Adha, justru membuat peternak di Kabupaten Karanganyar menolak vaksinasi sapinya.

Penolakan vaksinasi sapi sejumlah peternak ini, dikarenakan berbagai alasan. Salah satunya, mereka ketakutan jikalau sapinya mendapatkan vaksinasi sebelum Idul Adha, dagingnya akan menguning saat disembelih untuk kurban.   

Diperoleh keterangan, penolakan vaksinasi teruntuk pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan peliaraan ini, setidaknya dilakukan 19 peternak di Kelurahan Jongke, Kecamatan dan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Belasan peternak sapi yang menolak vaksinasi, dibenarkan Ketua Kelompok Peternak Sapi Ngudi Makmur di Kelurahan Jongke, Mulyadi saat ditemui awak media Rabu, 29 Juni 2022.

Disebutkan, dari 170-an ekor sapi di kandang komunal Kelurahan Jungke, setidaknya ada 50 ekor sapi yang tidak divaksin karena belasan pemiliknya menolak vaksinasi sapinya.

“Kami sudah minta vaksinasi kepada pemerintah untuk pencegahan PMK di kandang komunal, namun ada belasan peternak yang menolak vaksinasi hewan piaraannya,” terang Mulyadi.

Baca Juga: Kasus PMK Jelang Idul Adha, Peternak Boyolali Temukan Ramuan Herbal Mujarab

Dia sebutkan, alasan para peternak menolak vaksinasi sapinya berbagai alasan. Beberapa peternak di kandang komunal Jongke, mengkawatirkan kondisi sapinya setelah vaksinasi.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x