Momen Kebangkitan Industri TPT, Mendag Lepas 50 Kontainer Produk yang Diekspor ke 20 Negara

- 16 September 2022, 15:04 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memecahkan kendi sebagai simbol pelepasan 50 kontainer ekspor produk tekstil PT Sritex
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memecahkan kendi sebagai simbol pelepasan 50 kontainer ekspor produk tekstil PT Sritex /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS – Diawali dengan memecah kendi berhias rangkaian bunga melati, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas 50 kontainer tekstil dan produk tekstil (TPT) dari PT Sri Rejeki Isman Tbk. (PT Sritex) untuk tujuan ekspor, pada Kamis 15 September 2022.

Ada 20 negara yang menjadi tujuan dari ekspor yang nilainya mencapai USD 3,7 juta tersebut.

Pelepasan dilakukan di halaman PT Sritex di Sukoharjo pada Kamis 15 September 2022 siang.

Pelepasan 50 kontainer ini secara bersama-sama menjadi prestasi tersendiri bagi industri di tanah air, terutama tekstil.

Baca Juga: Ekspor Minyak Goreng Dibuka Kembali 23 Mei 2022

Karena itulah Zulkifli Hasan atau yang kadang disapa Zulhas menyebut hal ini sebagai tanda industri TPT Indonesia mulai bergeliat dan bangkit di tengah pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

“PT Sritex merupakan perusahan tekstil yang cukup berpengalaman memproduksi produk fesyen dari merek ternama dunia. Pelepasan ekspor ini menjadi momentum dalam mendorong pemulihan ekonomi dan kebangkitan industri tekstil Indonesia,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Produk TPT yang diekspor mencakup garmen, kain jadi, dan benang dengan tujuan ekspor ke-20 negara di dunia seperti Swedia, Thailand, Malaysia, Brasil, Bangladesh, Portugal, Polandia, Republik Dominika, Mesir, Meksiko, Jepang, Argentina, Yordania, Persatuan Emirat Arab, Korea Selatan, Turki, Spanyol, India, Amerika Serikat, dan Qatar.

Dalam perdagangan produk TPT dunia, Zulhas menyampaikan bahwa Indonesia berada di urutan ke-16 sebagai negara eksportir TPT dengan pangsa pasar sebesar 1,44 persen pada tahun 2021.

Baca Juga: Sukses Ekspor Getuk ke Hongkong, Inilah 8 Kisah Inspiratif Edy Susanto

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x