Gila!! Pria Ini Sanggup Bobol dan Topup KMT KAI Hingga Rp12 Juta

- 6 Maret 2024, 19:16 WIB
Gila!! Pria Ini Sanggup Bobol dan Topup KMT KAI Hingga Rp12 Juta(Foto ilustrasi: Pixabay/EmAji)
Gila!! Pria Ini Sanggup Bobol dan Topup KMT KAI Hingga Rp12 Juta(Foto ilustrasi: Pixabay/EmAji) /

KARANGANYARNEWS - Bikin geleng-geleng kepala tingkah pemuda berusia 21 tahun ini. Lha bagaimana tidak? Dirinya ini nekad membobol sistem pembayaran atau top up saldo Kartu Multi Trip (KMT) KAI Commuter.

Tidak tanggung-tanggung, pria berinisial AAH ini meraup Rp 12,4 juta sebelum akhirnya ditangkap Polres Metro Depok.

Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Arya Perdana mengatakan pelaku membobol system pembayaran Kartu Multi Trip KAI tersebut dari 26-28 Februari 2024. Adapun TKP-nya di Stasiun Kereta Api Depok Baru.

Baca Juga: 5 Game Penghasil Saldo DANA Gratis Rp150.000 per Hari yang Cocok untuk Menambah Uang Jajan Sekolah

"Cara pelaku meng-hack top up kartu multi trip tersebut dengan mempergunakan ponsel. Pelaku belajar secara autodidak bisa membobol keuangan KAI dari YouTube," ungkap Arya Perdana dalam keterangannya, Selasa 5 Maret 2024 lalu.

Lebih lanjut Arya menjelaskan, penangkapan pelaku berdasarkan laporan kuasa hukum PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Bernado Harungguan Parluhutan.

"Jadi mereka punya sistem di KAI yang melihat kalau orang top up saldo sekian, itu ada datanya berkurang sekian ribu, tapi ini agak aneh transaksinya, lalu dilihat dari kartunya siapa yang top up, itu ketahuannya di situ," tutur Arya melalui keterangannya.

Baca Juga: Kapan BPNT Oktober 2023 Cair? Cek Jadwal, Tanggal, Besaran dan Cara Cek Saldo

Modus Operandi

Adapun modus bobol top up ini dilakukan tersangka dengan mengisi saldo Kartu Multi Trip KAI menggunakan APLIKASI C-Access dan APLIKASI HttpCanary.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x