PKS, PKB dan PAN Bentuk Poros Koalisi di Pilkada Karanganyar

- 18 Juni 2024, 23:12 WIB
Pilkada di Kabupaten Karanganyar kian menghangat. PAN, PKS, dan PKB Karanganyar. mendeklarasikan diri membentuk koalisi demi memenangkan pertarungan pilkada 27 November  2024. (Foto: Dok. Istimewa)
Pilkada di Kabupaten Karanganyar kian menghangat. PAN, PKS, dan PKB Karanganyar. mendeklarasikan diri membentuk koalisi demi memenangkan pertarungan pilkada 27 November 2024. (Foto: Dok. Istimewa) /
 
KARANGANYARNEWS - Kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Karanganyar kian menghangat. Sejumlah partai besar bahkan telah bergandengan tangan membentuk koalisi, seperti halnya Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Karanganyar. Ketiganya mendeklarasikan diri membentuk poros baru demi memenangkan pertarungan pilkada 27 November  2024. 
 
Deklarasi Koalisi Kebersamaan digelar di salah satu resto kawasan Karanganyar Kota, Selasa, 18 Juni 2024. Terbentuknya koalisi tiga partai ini sudah memenuhi syarat untuk dapat mengusung calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) di pilkada. Untuk diketahui, perolehan kursi ketiga partai, yakni PAN dua kursi, sedangkan PKS dan PKB masing-masing lima kursi.
 
Sekretaris DPD PKS Karanganyar, Darwanto yang ditunjuk sebagai juru bicara Koalisi Kebersamaan bilang, dasar pembentukan koalisi ada tujuh komitmen bersama. 
 
 
"Koalisi Kebersamaan membuktikan ke publik bahwa ini dibangun atas dasar kebersamaan. Kami saling menghargai dan tidak memandang itu partai dengan besar kecil kursi," katanya. 
 
Disebutkan, Koalisi Kebersamaan dibangun karena adanya kesamaan visi, baik dengan nuansa hati maupun latar belakang untuk pembangunan menuju Karanganyar lebih baik lagi. 
 
"Kami mempunyai kesamaan nuansa hati serta latar belakang. Deklarasi Koalisi Kebersamaan ini merupakan hasil komunikasi yang sudah dilakukan secara intens dan lama," papar Darwanto.
 
Di lain pihak, Ketua DPC PKB Karanganyar, Sulaiman Rosyid, mengatakan komunikasi dengan PKS sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. PKB siap berkomunikasi lebih lanjut untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati. 
 
 
"Kami telah membuka penjaringan cabup dan cawabup. Calon-calon inilah yang akan dikomunikasikan bersama dalam Koalisi Kebersamaan," ungkapnya. 
 
Sementara itu, Ketua DPD PAN Karanganyar, Sri Sumarti, menyatakan koalisi terbentuk bukan secara mendadak. Sebelumnya pihak partai sudah menjalin komunikasi bersama secara intensif. 
 
"Dengan komitmen bersama Koalisi Kebersamaan, kami siap memenangkan pilkada Karanganyar," tegasnya. ***
 
 

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah