Hanya Buka Setiap Legi, Rasa Soto Mbah Gito Jatinom Memang Tiada Duanya

- 3 Februari 2022, 17:07 WIB
Warung Soto Mbah Gito Jatinom Klaten.
Warung Soto Mbah Gito Jatinom Klaten. /Tangkapan layar YouTube

KARANGANYARNEWS – Salah satu warung soto legendaris dan top markotop di Klaten ini memang harus dicoba. Citarasanya gurih, nikmat, mantap surantap pokoknya.

Warung Soto Sapi Mbah Gito namanya. Lokasinya di Desa Tangkil, Jatinom, Klaten, depan Pasar Sapi lama, tak jauh dari kantor kelurahan.

Warungnya sederhana, khas warung makan desa jaman dulu. Lantai dari batu bata, dinding kusam dan sudah mengelupas di sana-sini. Warung ini buka ejak tahun 1954.

Baca Juga: Resep Soto Buthek, Dijamin Enak Banget

Namun soal citarasa jangan diragukan. Benar-benar juara. Bisa jadi karena soto sapi Mbah Gito ini dimasak menggunakan peralatan tradisional.

Menggunakan tungku tanah (pawon) dengan bahan bakar kayu, dan peralatan memasak dario gerabah. Tidak heran jika rasa soto ini begitu khas, berbeda dengan soto-soto lain.

Penyajiannya bukan dengan mangkok seperti soto pada umumnya, melainkan menggunakan piring. Porsinya cukup besar dengan harga Rp 10.000.

Baca Juga: 5 Warung Soto Sapi di Soloraya Paling Nikmat Bukan Kepalang

“Masaknya masih pakai kayu bakar biar rasanya tetap enak. Dulu pakai kecap buatan sendiri, tapi sekarang  pakai yang pabrik karena sudah nggak ada tenaganya,” kata penerus soto sapi Mbah Gito.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x