Mudik Lebaran, Ini Kuliner Khas 9 Kota di Jawa Timur Siap Manjakan Lidah

- 29 April 2022, 00:27 WIB
Peta kuliner jalur lebaran Jawa Timur
Peta kuliner jalur lebaran Jawa Timur /Kementrian Perhubungan/

KARANGANYARNEWS - Perjalanan mudik ke timur, melalui jalan darat, terasa semakin asyik, dilalui bersama-sama orang tercinta, seperti keluarga.

Mampir sejenak ke kota-kota yang dilalui saat mudik, akan menambah cerita perjalanan hidup, cerita baru serta kenangan baru yang tak terlupakan.

Tak hanya itu, foto-foto serta cerita ini bisa dibagikan pada semua orang, melalui sosial media, agar semakin banyak orang mengenal destinasi kuliner, yang nikmat dan khas, di pelosok daerah negeri ini.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Ketupat Lezat untuk Menu Lebaran, Dijamin Nagih!

Dan inilah 9 kota di Jawa Timur yang asyik disinggahi saat perjalanan mudik, dirangkum dari Buku Mampir Yuk! Peta Kuliner Jalur Pulau Jawa, karya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan.

  1. Ngawi

Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sragen, Jawa Tengah ini memiliki kuliner khas seperti tepo tahu, nasi pecel lethok, ledre, wedang cemoe, keripik tempe, serta sate gule.

  1. Kertosono

Kota kecamatan yang berada di Kabupaten Nganjuk ini terkenal dengan sebutan kota intelektual yang telah melahirkan banyak tokoh penting seperti Harmoko, mantan Mentri Penerangan pada era Presiden Soeharto. Ada beberapa kuliner nikmat menjadi cirinya yakni nasi becek, sate kambing, mie jawa, serta mie pangsit ceker.

Baca Juga: Opor Ayam Tanpa Santan, Menu Lebaran Lezat dan Sehat, Ini Resepnya

  1. Mojokerto

Berada pada 50 km barat daya Surabaya, Mojokerto juga memiliki kuliner khas yaitu nasi pecel, soto daging, onde-onde, kerupuk upil, botok tempe, sambel wader, krupuk memble, dan bubur srunthul.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x