Resep Sambal Asam Durian Khas Padang Pariaman, Enak Gilakkk

- 1 Juni 2022, 23:58 WIB
Resep sambal asam durian Padang Pariaman
Resep sambal asam durian Padang Pariaman /Instagram/

KARANGANYARNEWS - Ini dia, resep sambal asam durian khas Padang Pariaman yang tingkat kenikmatannya termasuk di atas rata-rata. Bagi para pecinta kuliner pedas, sambal ini termasuk direkomendasikan karena tak hanya melulu asal pedas semata, tetapi juga terkandung citarasa yang menggugah gairah lidah untuk merasakan kenikmatan sambal khas Nusantara.

Seperti diketahui, Sumatera Barat dikenal kaya akan ragam kuliner yang menggoda rasa. Salah satunya adalah Sambalado atau sambal asam durian. Makanan pedas ini hanya ada saat musim durian tiba serta menjadi primadona dan andalan bagi para ibu rumah tangga.

Adapun ciri khas rasa sambal asam durian ini adalah ada sensasi rasa asam, pedas dan manis yang berbaur menjadi satu. Sambal di daerah lain seprti ini disebut sambal tempoyak. Hanya, keduanya tetap memiliki perbedaan rasa.

Baca Juga: Resep Sambal Krecek, Pendamping Gudeg yang Mudah dan Sederhana

Sambal Tempoyak lebih terasa asam, sementara sambal asam durian rasanya lebih manis lantaran sensasi rasa yang ditumbilkan buah durian yang begitu segar.

Untuk resep sambal tempoyak akan kita bahas di artikel selanjutnya. Nah, ini dia resep sambal asam durian khas Padang Pariaman yang dikutip dari berbagai sumber.

BAHAN

100 gram cabe merah keriting
50 gram bawang merah
50 gram teri
50 gram daging durian yang telah benar-benar masak dan rasanya agak asam
1 buah tomat, iris kasar
1 lembar daun kunyit, simpulkan
Secukupnya cabe rawit merah
secukupnya garam
Secukupnya minyak goreng

Baca Juga: Resep Sambal Belimbing Wuluh, Anti Darting atau Bludreg

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x