Tausiah Hari Ini; Mentauladani Kesabaran dan Kemenangan Tentara Thalut

- 16 Juni 2022, 08:32 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

SIFAT sabar dalam menghadapi musuh menjadi salah satu parameter kualitas iman dan ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

“... dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan peperangan  melawan musuh. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS al-Baqarah [2]:177).

Apalagi, ketika harus berperang menghadapi musuh yang jumlahnya jauh lebih besar, alat perangnya canggih, senjatanya modern dan lengkap, provokasi dan fitnahnya cukup besar, maka sifat sabar yang merupakan faktor kunci kemenangan mutlak dimiliki oleh setiap mukmin.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Cinta Dunia Membutakan Hati dan Menspirit Kemaksiatan

Kisah kemenangan tentara Thalut atas tentara Jalut yang diabadikan dalam Alquran, hendaklah menjadi spirit dan teladan. Perang di antara dua kekuatan tersebut, pasukan Thalut memperoleh kejayaan gemilang. Padahal, kekuatan armada pihak musuh jauh lebih besar.

Kunci kegemilangan ini tidak lain karena sifat sabar yang Allah anugerahkan kepada diri mereka;

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, teguhkanlah langkah-langkah kaki kami, dan tolonglah kami atas orang-orang kafir yang memerangi kami.” (QS al-Baqarah [2]:250)

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Islam Mensyariatkan Kasih Sayang Sesama Umat

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x