Benarkah Hewan Kurban Menangis saat Mau Disembelih? Ini Faktanya

- 11 Juli 2022, 16:30 WIB
Benarkah hewan kurban menangis saat mau disembelih? Terkadang ada sapi atau kambing terlihat meneteskan air mata saat hendak dipotong. (Foto ilustrasi: Pixabay/roussetjules)
Benarkah hewan kurban menangis saat mau disembelih? Terkadang ada sapi atau kambing terlihat meneteskan air mata saat hendak dipotong. (Foto ilustrasi: Pixabay/roussetjules) /

KARANGANYARNEWS - Benarkah Hewan Kurban Menangis saat Mau Disembelih? Ini Faktanya. Hari Raya Idul Adha identik dengan pemotongan hewan kurban, seperti kambing, sapi, atau pun unta.

Nah, jika kita perhatikan, terkadang ada sapi atau kambing terlihat meneteskan air mata saat hendak dipotong. Pertanyaannya, apakah mereka benar-benar menangis?

Perlu diketahui Gengs, mamalia seperti sapi, kambing, dan unta punya kelenjar lakrimal atau kelenjar air mata.

Kelenjar ini berperan memproduksi air mata pada hewan. Seperti pada manusia, kelenjar lakrimal yang dimiliki hewan berada di kelopak mata bagian atas.

Baca Juga: Film Catatan Si Boy Siap Diproduksi Ulang, Hanung Bramantyo Ngaku Sulit Cari Emon

Kelenjar tersebut akan menyalurkan cairan ke bola mata sebagai upaya melembapkan. Secara umum, cairan ini berfungsi menjaga bola mata agar tidak iritasi.

Adapun pada sapi, hewan ternak tersebut punya kelenjar lakrimal cukup aktif. Alhasil, sapi mampu memproduksi banyak air mata.

Sejatinya ada tiga komponen dalam air mata hewan, yakni air, protein, dan lendir. Sama seperti pada manusia, cairan berfungsi menjaga bola mata agar tidak iritasi.

Keluarnya air mata pada hewan biasanya menandakan adanya iritasi atau infeksi pada bagian mata.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x