Berharap Perdamaian di Keraton Surakarta dengan Wilujengan Nagari Kiblat Sekawan

- 14 Agustus 2022, 23:58 WIB
Doa bersama dalam prosesi wilujengan nagari kiblat sekawan di Kkeraton Surakarta Hadiningrat
Doa bersama dalam prosesi wilujengan nagari kiblat sekawan di Kkeraton Surakarta Hadiningrat /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Aroma asap dupa yang menyengat mengiringi digelarnya sebuah ritual sakral oleh para anggota Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI) di Ndalem Purwohamijayan, pada Minggu 14 Agustus 2022 siang.

Acara yang digelar di dalam kawasan komplek Keraton Surakarta Hadiningrat tersebut diberi nama Wilujengan Nagari Kiblat Sekawan.

Yang mana tujuannya adalah untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa diberikan limpahan berkah berupa perdamaian dan ketenangan dalam hidup.

Hal tersebut penting karena Keraton Surakarta Hadiningrat selama beberapa tahun terakhir selalu diselimuti konflik internal di antara para ahli warisnya.

Karenanya dengan digelarnya wilujengan nagari tersebut, segala permasalahan yang menyelimuti Keraton Surakarta bisa segera terselesaikan.

Baca Juga: Bagikan Quran Jawi di Malam 1 Suro, Begini Harapan Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat

Eko Sriyanto Galgendu selaku ketua umum GMRI menjelaskan bahwa wilujengan nagari ini adalah bagian dari upaya mewujudkan persatuan di dalam keraton, sesuai dengan harapan dari mendiang Sinuhun Paku Buwono XII.

"Mendiang Sinuhun Paku Buwono XII yang merupakan salah satu pemrakarsa GMRI selalu menggelorakan semangat perdamaian dan kerukunan. Dan bersamaan dengan momen peringatan berdirinya Keraton Surakarta Hadiningrat saat ini, semoga semangat itu bisa senantiasa nyawiji atau menyatu dengan ruh keraton yang saat ini masih dibekap masalah internal," jelasnya.

Hal ini pula yang menjadi dasar penyelenggaraan acara wilujengan nagari tersebut digelar di kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat, tepatnya di Ndalem Purwohamijayan.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x