Mengejutkan..! Adik Raja Solo Ungkap Penyebab Perusakan Bekas Benteng Keraton Kartasura

- 22 April 2022, 22:38 WIB
Perusakan bekas Benteng Keraton Kartasura
Perusakan bekas Benteng Keraton Kartasura /WNC/ Nanang Sapto Nugroho/

KARANGANYARNEWS - Ketenangan warga di sekitar bekas beteng Keraton Kartasura tiba-tiba terusik. Pasalnya bagian sisi timur tembok setebal kurang lebih 2 meter itu jebol.

Yang menarik, jebolnya tembok ini bukan karena kecelakaan ataupun dimakan usia, melainkan justru karena sengaja dijebol.

Sebuah alat berat terlihat melakukan penjebolan pada bangunan bersejarah, yang menjadi cikal bakal berdirinya Keraton Surakarta Hadiningrat itu.

Dari info yang beredar, pembongkaran bangunan berusia ratusan tahun itu karena ada pihak yang mengklaim bahwa tanah di mana bangunan itu berdiri adalah tanahnya dengan sertifikat hak milik (SHM).

Baca Juga: Didirikan Gajah Mada di Lereng Gunung Wilis, Masjid Ki Ageng Ngaliman jadi Saksi Bisu 'Gagalnya' Sumpah Palapa

Sehingga dia melakukan penjebolan sebagian tembok itu, karena berencana membangun sebuah bengkel.

Hal ini tentu saja mejadi sebuah ironi. Sebab bagaimana mungkin sebuah bangunan cagar budaya yang dilindungi negara bisa dimiliki secara pribadi dengan sertifikat SHM.

Pembongkaran bangunan bekas beteng itu diketahui dilakukan pada Kamis (21/4/2022).

Kontan saja kegiatan ini langsung memicu reaksi masyarakat di sekitar kawasan tersebut, yang langsung melaporkannya ke pihak yang berwenang.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x