Tanggal Berapa Puasa Ayyamul Bidh Bulan Desember 2023? Ini Jadwal, Niat dan Manfaatnya

- 24 Desember 2023, 21:33 WIB
Tanggal berapa puasa ayyamul bidh Bulan Desember 2023, ini jadwal, niat dan manfaatnya. Puasa Ayyamul Bidh adalah salah satu puasa sunnah dianjurkan Rasulullah Muhammad Shallallahu 'Alahi Wasallam. (Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap)
Tanggal berapa puasa ayyamul bidh Bulan Desember 2023, ini jadwal, niat dan manfaatnya. Puasa Ayyamul Bidh adalah salah satu puasa sunnah dianjurkan Rasulullah Muhammad Shallallahu 'Alahi Wasallam. (Foto ilustrasi: Pixabay/StockSnap) /

KARANGANYARNEWS - Tanggal Berapa Puasa Ayyamul Bidh Bulan Desember 2023? Ini Jadwal, Niat dan Manfaatnya. Puasa Ayyamul Bidh dilakukan pada pertengahan bulan Hijriah, yakni tanggal 13, 14, dan 15. Puasa ini disebut juga sebagai puasa putih karena malamnya disinari bulan purnama.

Puasa Ayyamul Bidh memiliki banyak keutamaan, salah satunya mendapat pahala seperti puasa sepanjang tahun.

Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad diriwayatkan Abu Daud dan at-Tirmidzi. Selain itu, puasa Ayyamul Bidh juga merupakan salah satu cara untuk mengikuti sunnah Nabi Muhammad yang selalu berpuasa pada hari-hari tersebut.

Baca Juga: Debat Cawapres: Ketua PDIP Solo Singgung Privilege Gibran Soal Guyuran APBN

Berikut kami sajikan niat, jadwal, dan manfaat puasa Ayyamul Bidh.

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Niat adalah syarat utama untuk melakukan ibadah puasa. Tanpa niat, puasa tidak akan sah. Berikut ini adalah niat puasa Ayyamul Bidh yang bisa dibaca sebelum subuh:

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ayyamil bidl lilahi taala

Artinya: "Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah) karena Allah taala."

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x